Pasific Pos.com
Headline Lintas Daerah

Kakanwil Kemenag Papua Peringati HAB ke-76 di Sarmi

Bupati Sarmi, Eduard Fonataba menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Amal Bhakti ke-76. (Foto : Istimewa)

Sarmi – Sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan 2 pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik,” demikian pesan Menteri Agama disampaikan Bupati Sarmi, Eduard Fonataba.

Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas.

Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

Apa yang kemudian menjadi tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat, akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat

Serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Upacara HAB di Kabupaten Sarmi diikuti FORKOPIMDA Kabupaten Sarmi, FKUB Provinsi Papua dan Kabupaten Sarmi, juga jajaran internal, dalam hal ini Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Ketua STAKPN Burere Sentani Papua.

Turut hadir Kepala balai Diklat Keagamaan Papua, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sarmi, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Pegunungan Bintang, masing-masing didampingi istri selaku Ketua Dharma Wanita, juga Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Papua.

Hadir pula jajaran pejabat administrasi dan pejabat pengawas serta pejabat fungsional di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi papua, dan masing-masing satker.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil Amsal Yowei juga memberikan plakat ucapan terima kasih pada Bupati Sarmi yang telah mendukung layanan Kementerian Agama di Kabupaten Sarmi. Selain dukungan dan perannya pada upacara HAB ke-76, sebelumnya Bupati Fonataba juga turut meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Agama Kabupaten Sarmi.

Kakanwil berkomitmen untuk mendorong Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sarmi lebih maju dan berperan ke depan. Ini mengingat Sarmi terhitung masih dekat dengan ibu kota Provinsi Papua, yaitu di Kota Jayapura, sehingga sudah seharusnya lebih maju dan berkembang dalam layanan bagi umat beragama.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua, Pdt. Amsal Yowei, menyerahkan penghargaan di sela momen upacara, didampingi Bupati Sarmi, Eduard Fonataba, kepada 16 ASN Kementerian Agama di Provinsi Papua.Pada kesempatan ini juga Kakanwil memberikan penghargaan pada Bidang Pendidikan Islam atas prestasi yang diraih pada tahun 2021.

Prestasi tersebut mencakup kategori Realisasi Pencairan Tertinggi Dana Program Indonesia Pintar (PIP), Tahun Anggaran 2021 menempati posisi 1, kategori Realisasi Pencairan tertinggi Dana bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada posisi 3.

Kategori keberhasilan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada posisi 3, kategori keberhasilan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) pada posisi 4, dan hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKNI) pada posisi 15 besar di atas rata-rata nasional. (Red)