Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Jhon Rettob: Dua Orang di Timika Positif Covid 19, Masyarakat Jangan Panik

Dua Orang di Timika Positif Covid 19
Wakil bupati kabupaten Mimika, Jhon Rettob

Timika, – Wakil bupati kabupaten Mimika, Jhon Rettob mengimbau agar masyarakat jangan panik pasca diumumkannya dua orang pasien di Timika dinyatakan positif terpapar Covid-19. “Benar bahwa di Mimika telah ada yang terinfeksi virus sebanyak 2 orang. Mereka baru datang dari Jakarta dan Jogya. Namun masyarakat tidak usah panik,” ujar Jhon Rettob melalui telephon selulernya.

Dijelaskannya bahwa petugas telah melakukan investigasi penyebaran virus dari pasien 1 dan 2 dengan tracking contact. “Kepada semua orang dan sampai saat ini masih terus ditelusuri. Saat ini per tadi malam ODP sudah berjumlah 39 orang. Ada yang isolasi mandiri ada yan terpaksa dikarantina melihat gejala kesehatannya,” ujar Jhon Rettob.

Ditegaskannya pula bahwa sesuai SOP pasien yang terpapar Covid-19 tidak bisa diumumkan namanya. Kecuali permintaan pasien sendiri. “Hal ini karena masyarakat menganggap virus ini berbahaya fan akhirnya menyalahkan dan mengintimidasi serta membuat malu dan dikucilkan padahal virus ini bukan aib,” ujar Rettob menjelaskan alasan tidka diumumkan identitas pasien.

“Kami ingin mengumumkan tapi sesuai prosedur tidak boleh. Kita masih berdiskusi soal ini. Tapi kita pasti akan tau sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut Jhon Rettob menegaskan bahwa jalur masuk manusia melalui penerbangan sudah dibatasi. “Penerbangan Airfast saat ini tidak ada penumpang masuk. Hal ini sesuai kebijakan PTFI sejak tanggal 20 Maret. Sedang kebijakan pemerintah mulai tanggal 26 Maret penerbangan air fast hanya untuk cargo dan evakuasi medivac keluar Timika,” ujarnya.

“Tidak ada lock down tapi kita hanya melakukan karantina wilayah untuk menghindari perpindahan orang masuk ke Timika. Sementara itu barang berupa sembako terus masuk ke Timika, jadi masyarakat tidak usah kuatir ” ujarnya mengakhiri percakapan.

Artikel Terkait

Setelah Nihil 28 Hari, Kabupaten Jayawijaya Tambahan Satu Kasus Corona

Bams

Tindak Lanjuti Intruksi Bupati Waropen, Pabung Kodim 1709 YAWA Meninjau Pos Covid-19

Afrans

14 Kabupaten/Kota di Papua Sudah Terdampak Covid-19

Bams

8 Pasien Covid Dinyatakan Sembuh Dan Kembali Ke Keluarga

Fani

20 Pasien Sembuh, Tapi ada Tambahan 21 Kasus Positif

Bams

Wagub Lepas Relawan Covid-19 Papua

Bams

Wagub : Papua Belum Terapkan Kebijakan “New Normal”

Bams

Pemkot Jayapura Dukung Pelaksanaan New Normal

Fani

Penambahan 4 Kasus Covid-19 di Mimika, Total Keseluruhan 205 Kasus Terkonfirmasi

Fani