Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Fasilitas Istora Papua Bangkit Didatangkan Dari Luar Negeri

Istora Papua Bangkit
Istora Papua Bangkit

JAYAPURA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia benar-benar serius menyiapkan venue pertandingan cabang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021.

Tidak hanya asal bangun, venue Istana Olahraga (Istora) Papua Bangkit akan mencatatkan tiga rekor MURI.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa mengaku bangga dengan berdirinya Istora Papua Bangkit yang megah.

“Puji Tuhan progresnya sudah 95 persen. Bahkan akan ada pemecahan rekor MURI dome baja terpanjang di Indonesia dan dua rekor lainnya. Kita orang papua harus bangga karena ini yang terbaik di Indonesia, dari semua sisinya. Kapasitas memang hanya 3.000 penonton, tapi kalau digunakan hall-nya optimal bisa menampung 8.000 orang,” pungkasnya.

Istora Papua Bangkit akan menjadi venue pertandingan cabang olahraga Senam berbagai nomor pada perhelatan PON XX tahun 2021 mendatang.

manajer proyek PT PP, Joko Nugroho memaparkan, ada 3 kelebihan venue Istora Papua Bangkit yang bakal diajukan oleh pihaknya untuk masuk dalam rekor MURI di antaranya bentang baja atap dome terpanjang, sistem pendingin dan konstruksi atap.

Tak hanya itu, Istora Papua Bangkit bahkan diklaim sebagai Istora terbesar di Indonesia mengungguli GBK Senayan di Jakarta.

Bahkan, sejumlah fasilitas di Istora Papua Bangkit di datangkan dari luar negeri, seperti kursi penonton, lapangan vinyl dan perangkat lampu.

“Istora ini terbesar di Indonesia. Kalau di GBK bisa jadi 6 lapangan bulutangkis, sedangkan di sini bisa 8 lapangan. Lampunya sama dengan Stadion Papua Bangkit bisa mengikuti irama. Lampunya dari jepang, kursi china dan vinyl lapangan dari Perancis,” jelasnya.

Artikel Terkait

Presiden Jokowi : Rawat dan Manfaatkan Venue PON dengan Baik

Bams

PB PON Bersama DPR Papua Cek Kesiapan Venue

Bams

Venue Basket dan Atletik di MSC Siap Digunakan Untuk PON XX

Bams

Atlet Papua Belum Bisa Latihan di Venue PON

Bams

Aziz Syamsudin : Venue Kriket PON XX Perlu Banyak Pembenahan

Bams

Kunjungi Venue, TD Softball dan Baseball TD Berikan Rekomendasi

Bams

Biaya Perawatan Venue PON Papua Rp 85 Miliar per Tahun

Bams

Jefri Abel : Venue Sepatu Roda PON Berstandar Internasional

Bams

Kementerian PUPR Siap Diserahkan Empat Venue PON ke Pemda Papua

Bams