Pasific Pos.com
Headline

Danpusterad: Lokasi TMMD di Yapen Sangat Tepat, Ini Pesannya

Danpusterad
Disela-sela meninjau Pembangunan Rumah Program TMMD, Danpusterad Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau juga melihat langsung kondisi salah satu rumah Warga dengan atap dan dinding dari daun pohon sagu, di Kampung Natabui distrik Yapen Barat, jumat (17/7).

“Beri Kesempatan Bagi Anak-anak Untuk Sekolah, Kalau Kita Bodoh Nanti Orang Pintar Jajah Kita, Tetapi Juga Jangan Ajarkan Anak-anak Mabuk”

Yapen – Tepat di hari ulang tahun ke 58, jumat (17/7), Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau mengunjungi lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di Kampung Toweta dan Natabui, Distrik Yapen Barat, Kabupaten Kepulauan Yapen sebagai pengawasan dan evaluasi pelaksanaan TMMD.

Pada kunjungan ini, Danpusterad didampingi Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Komandan Korem (Danrem) 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan, Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar dan Ketua DPRD Kepulauan Yapen Yohanis Raubaba Serta robongan lainnya.

Tibah dipelabuhan Ansus dengan menggunakan speed boat ,Danpusterad bersama rombongan disambut warga dengan tari-tarian adat dan Injak piring, penyambutan ini pun disaksikan oleh banyaknya warga yang datang dan penasaran pada sosok Jendral Bintang Tiga Asal Kepulauan Yapen.

Selanjutnya, saat tibah di Kampung Natabui dengan jalan kaki, Danpusterad bersama rombongan, lagi disambut warga dengan prosesi injak piring dan tarian adat dengan iringan bunyi Tifa hingga menuju tempat pertemuan di SD YPK Ottow Geisler Natabui.

Dalam pertemuan tersebut, Danpusterad menyampaikan dirinya bersama rombongan datang untuk meninjau pelaksanaan pembangunan Perumahan dari program TMMD ke- 108 yang dilaksanakan serentak di Indonesia, salah satunya di Yapen Barat, Kabupaten Kepulauan Yapen.

Kesempatan itu, Ia berpesan agar anak-anak harus tetap sekolah, dalam kondisi apapun pendidikan tetap jalan, karena dengan sekolah yang baik, anak-anak Papua, termasuk anak-anak di Kampung Natabui Distrik Yapen Barat dapat bersaing dengan daerah lain, tetapi inti dari ini semua adalah anak-anak tidak boleh diajarkan untuk mabuk-mabuk.

“Beri kesempatan bagi anak-anak untuk sekolah, Walaupun dalam kondisi begini harus rajin masuk sekolah, karena kalau kita bodoh nanti orang pintar jajah kita, tetapi juga anak-anak tidak boleh diajarkan untuk mabuk-mabuk”.

Kepada masyarakat di Kampung Natabui, Jendral asal Serui ini mengatakan, dirinya juga berasal dari keluarga yang sederhana, namun tidak menyangka ia menjadi seorang Jenderal dengan Bintang Tiga, ia menyebut bahwa ini berkat dari Tuhan.

Usai memberikan arahannya, Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau menyerahkan bingkisan kepada Jemaat Ottow Geisler Natabui, dan juga kepada anak-anak SD YPK Ottow Geisler Natabui, selanjutnya Danpusterad menerima Kue Ulang Tahun ke 58.

Terkait dengan kunjungannya ke Lokasi TMMD, Kepada Wartawan Danpusterad mengatakakan, bahwa apa yang telah dibangun oleh Anggota Kodim 1709 YAWA sudah sangat tepat, karena program ini harus mencari tempat yang sulit dijankau untuk membuka isolasi masyarakat dengan kehidupan sehari-hari bisa ada peningkatan.

“karena respon dari masyarakat sangat baik, warga masih berharap agar pembangunan ini ada penambahan, tinggal bagaimana Pemerintah Daerah merencanakannya , dan dari TNI siap membantu, bukan hanya pembangunan rumah, buka jalan bisa jika di Perlukan”. Tutupnya.

Artikel Terkait

Gunakan Jenset, Anggota Satgas TMMD Adakan Nobar Wawasan Kebangsaan

Afrans

Ratusan Warga Natabui Ikut Pengobatan Massal TMMD Ke 108 Secara Gratis

Afrans

Warga Sebut, Hadirnya TMMD Sebagai Dewa Penolong di Kampung Natabui

Afrans

Upacara Perayaan HUT Bhayangkara Ke- 74 di Yapen, Digelar Dengan Mengikuti Live Streaming

Afrans

Trison Ayomi: Jembatan Penghubung Kota Serui-Yapen Timur di Sungai Repapeip Secepatnya Dibangun Kembali

Afrans

HUT Bhayangkara Ke 74, Polres Kepulauan Yapen Sembangi TMP Newi

Afrans

Peringati HUT Bhayangkara Ke 74, Polres Yapen Gelar Baksos

Afrans

Sertijab Wakapolres Kepulauan Yapen dan Kasat Narkoba Berlangsung Sederhana

Afrans

2 Orang Positif, Kab Kepulauan Yapen Masuk Dalam Zona Merah Covid-19

Afrans