Pasific Pos.com
Papua Selatan

Bidik Dua Distrik Delapan Pantai, SMPIT Ibnu Sina Siap Menyambut Sumpah Pemuda

Para siswa saat mengenakan baju adat di lokasi kegiatan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun ini, SMPIT Ibnu Sina akan menggelar kegiatan berupa pengibaran dua bendera merah putih di dua distrik dan delapan pantai di Kabupaten Merauke. Sambil mengibarkan bendera, anak-anak juga akan membacakan Sumpah Pemuda di lokasi tersebut. Selain itu para siswa juga dibuatkan video khusus yang menayangkan aksi mereka saat menari, menyanyi dan membaca puisi tentang Sumpah Pemuda. Khusus untuk tarian daerah yang dibawakan, anak-anak mengenakan beberapa jenis pakaian adat dari nusantara sedangkan lagu yang dibawakan adalah lagu-lagu daerah dari seluruh Indonesia.

Isnawati, S.Pd selaku guru SMPIT Ibnu Sina kepada ARAFURA News mengemukakan bahwa video kreasi siswa tersebut nantinya akan diupload di You Tube pada tanggal 28 Oktober bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. “Adapun tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk mengingatkan kepada para siswa bahwa kita yang ada di ujung timur Indonesia juga bisa menghasilkan karya dan kesenian daerah tidak akan pernah terkikis meskipun di tengah perkembangan zaman seperti sekarang,”ujarnya.

Ia menjelaskan, anak-anak zaman sekarang banyak yang lebih menggemari lagu lagu barat maupun Korea, oleh sebab itu perlu dilakukan upaya untuk kembali mengangkat lagu-lagu daerah yang dikemas lebih moderen. Selain itu kegiatan ini juga menunjukkan bahwa dari kawasan timur Indonesia juga dapat menjadi penggerak bagi seluruh pemuda pemudi di seluruh Indonesia bahwa pada dasarnya kita bisa bergerak untuk terus maju dan bersaing.

Sebagai guru dirinya berharap para siswa lebih mengenal berbagai kesenian daerah dan adat istiadat dari seluruh nusantara. Sementara itu mantan Kepala Sekolah SMPIT Ibnu Sina, Alif Friendy Kurniawan menambahkan, alasan memilih dua distrik dan delapan pantai adalah untuk melekatkan momentum 28 Oktober dengan kondisi di wilayah lokal Merauke. “Dengan demikian ketika kita mendengar istilah dua distrik dan delapan pantai maka kita akan selalu mengingat momen tanggal 28 Oktober tersebut dimana angka dua adalah dua distrik dan angka delapan adalah delapan pantai ,”pungkas Alif.

Artikel Terkait

Sambut Hari Pahlawan, Para Siswa Ikut Lomba Secara Online

Arafura News

Usung Program Khataman Al Qur-an, SMAIT Ibnu Khaldun Libatkan Seluruh Elemen

Arafura News

Empat Siswa SMPIT Ibnu Sina Dapat Beasiswa Dari BRI

Arafura News

Kombinasi Daring Dan Luring Jadi Solusi

Arafura News

SMPIT Ibnu Sina Gencar Lakukan Pengembangan

Arafura News

Guru SMPIT Ibnu Sina Gencar Berburu Ilmu

Arafura News

Tahun Ajaran Baru Ala SMPIT Ibnu Sina

Arafura News

Sambut Tahun Ajaran Baru, SMPIT Ibnu Sina Gelar Raker

Arafura News

New Normal Di Dunia Pendidikan Harus Dijalankan Secara Hati-Hati

Arafura News