Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Anggota DPRD Puncak Jaya Ikut Orientasi

Anggota DPRD Puncak Jaya Ikut Orientasi

JAYAPURA – Sebanyak 30 orang Anggota DPRD Puncak Jaya periode 2019-2024 mengikuti orientasi tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) DPRD di salah satu hotel di Kota Jayapura, Senin (24/2/2020).

Kegiatan yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua bekerjasama dengan Sekretariat DPRD Punca Jaya itu akan berlangsung selama empat hari kedepan.

Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam sambutannya mengatakan, seluruh anggota dewan yang baru saja dilantik diberikan orientasi terkait tugas, dan kewenangan mereka selama bertugas.

“Anggota DPRD yang terpilih, banyak orang baru dan berasal dari berbagai latar belakang. Selain itu banyak partai politik tidak sempat melakukan proses kaderisasi, membekali calegnya tentang politik, tugas dan fungsi DPRD, maka sesuai dengan undang-undang semua anggota DPRD terpilih sebelum melaksanakan tugasnya wajib mengikuti orientasi,” kata Gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua, Musa Isir.

Dikatakan, kegiatan orientasi bagi anggota DPRD kabupaten/kota se Provinsi Papua periode 2019-2024 sebagaimana tertuang dalam Permendagri RI Nomor 133 Tahun 2017 tentang Orientasi dan pendalama tugas anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sebagai unsur pemerintah daerah, DPRD memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis berkaitan dengan bidang legislasi, budgeting/anggaran dan pengawasan.

Oleh karenanya, orientasi ini sangat penting untuk memantapkan kompetensi anggota dewan pada level yang memadai agar dapat melaksanakan tugas secara optimal dalam merumuskan dan mengimplementasikan berbagai kebijakan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Gubernur menambahkan, menyadari tugas dan fungsi anggota dewan yang cukup kompleks dalam tata kelola pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan ke depan, maka diharapkan anggota DPRD bentul-netul memanfaatkan kesempatan orientasi ini dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Sekwan DPRD Puncak, Jaya Daud Wendamily, mengatakan, melalui orientasi ini banyak hal yang akan dibicarakan terkait dengan tuags dan fungsi anggota dewan.

Menurutnya, dalam orientasi ini, para anggota dibekali ilmu politik dan mengenalkan tufoksi dewan sebagai bagian dari pemerintahan. Dengan kegiatan ini, diharapkan anggota DPRD Puncak Jaya dapat melaksanaan tugas kedepan dengan baik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk membuka wawasan anggota DPRD, setidaknya, mereka dapat lebih memahami apa tufoksinya sebagai anggota dewan,” ujarnya.

Artikel Terkait

Dandim 1714/PJ Ikut Dalam Penanganan Covid-19 di Puncak Jaya

Fani

Sekda Puja : Penanganan Virus Corona Harus Secara Serius Dan Strategis

Fani