Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Kenalkan dan Jaga Alam Bawah Laut, Pemkab Jayapura Bangun Rumah Diving

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si sedang menandatangani prasasti sebagai tanda diresmihkannya Diving Center Dafonsoro Club (DCDC) di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre, Sabtu (22/02) pagi.

SENTANI, – Guna mengenalkan sekaligus menjaga keindahan alam bawa laut di pesisir laut Tanah Merah pada umumnya dan khususnya di Pantai Wisata Tablanusu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura membangun Diving Center Dafonsoro Club.

“Biota laut seperti terumbu karang, ikan-ikan dan sumber laut lainnya perlu dijaga guna menjaga kesimbangan alam tetapi juga ditawarkan sebagai obyek wisata,” ujar Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat meresmikan rumah Diving Center Dafonsoro Club (DCDC) di Kampung Tablanusu, Distrik Depapre, Sabtu (22/02) pagi.

Dikatakan, pihaknya sangat konsen dengan pembangunan kepariwistaan di daerah ini. Jika sebelumnya, untuk kawasan pesisir hanya memiliki satu saja lokasi diving yakni di Tablasupa, maka dengan diresmikannya, DCDC Tablanusu makan sudah menjadi dua lokasi.

Menurutnya, keindahan alam bawa laut yang dimilki oleh pesisir tanah merah sangat eksotis dan bernilai wisata tinggi. Untuk itu, dengan hadirnya, pusat-pusat diving dapat menggugah hati penduduk setempat terutama pemuda untuk bertanggungjawab menjaga biota laut.

“Kebiasaan warga mencari ikan dengan cara yang berpotensi merusak terumbu karang dan biota lainnya, seperti dengan menggunakan bom ikan dan sejenisnya agar bisa dihentikan. Dengan demikian, biota laut dikawasan ini dapat terjaga dan kedepan terus diperkenalkan kepada wisatawan,” harapnya

Bupati menuturkan, peran pemuda sangat dibutuhkan dalam pengelolaan pusat diving. Pemuda-pemudi setempat dapat memperkenalkan keindahan alam bawa laut kepada publik, terutama kepada wisatawan yang berkunjung ke lokasi ini.

Dirinya juga menerangkan, jika keindahan alam bawa laut dikenalkan kepada wisatawan maka banyak yang berkujung ke Tablanusu dengan sendirinya akan berdampak pada pemingkatnya ekonomi masyarakat.

“Saya berharap, supaya semua pihak di Kampung Tablanusu, baik pihak adat, pemerintah, agama, perempuan dan pemuda harus bersepakat memberikan dukungan penuh terhadap aktivitas dari rumah diving yang tentu kedepan akan memberikan keuntungan kepada kampung ini,” tandas bupati.

Artikel Terkait

11 Atlet dan 1 Pelatih Berprestasi Terima Penghargaan dari Bupati Jayapura

Jems

Pemkab Jayapura Hadiahi Rumah Bagi Atlet Berprestasi

Bams

Sandiaga Uno Menteri Pertama yang Berkunjung ke Kampung Yoboi

Jems

Wabup Giri Terima 30 Rekomendasi LKPJ Bupati Jayapura 2020

Jems

LSM Papua Bangkit : Pemkab Jayapura Jangan Gusur PKL

Jems

Hengky Jokhu Mengundurkan Diri dari Perusda Baniyau, Ini Alasannya

Jems

Ada Bantuan Presiden, Pelaku UMKM Diminta untuk Lengkapi Data Usaha

Jems

Disdukcapil Kabupaten Jayapura Lakukan Pelayanan Terpadu Adminduk di Kampung Nolokla

Jems

Bupati Jayapura Tandatangani SK Pembentukan TP2DD

Jems