Pasific Pos.com
Info Papua

Ribuan Warga Suku Ketengban Hadiri Natal Bersama

Anggota DPR Papua, Tarius Mull, SSos, Wakil Ketua II DPRK Pegunungan Bintang, Junius Tengket bersama ribuan warga dalam suasana perayaan Natal Suku Ketengban di Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu 19 Desember 2021. (foto Tiara).

Sentani – Ribuan warga menghadiri Perayaan Natal Suku Ketengban se- Provinsi Papua yang berlangsung di Lapangan Dunlop, Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu, 19 Desember 2021.

Perayaan Natal itu, diawali dengan ibadah yang diikuti warga Suku Ketengban Kabupaten Pegunungan Bintang yang berasal dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Keerom.

Juga dihadiri langsung Anggota DPR Papua, Tarius Mul, SSos dan Wakil Ketua II DPRK Pegunungan Bintang bersama 14 anggota DPRK Pegunungan Bintang dari Suku Ketengban bersama sejumlah pimpinan OPD dan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda serta perempuan.

Usai ibadah, Anggota DPR Papua, Tarius Mul, SSos mewakili Pemprov Papua dalam sambutannya mengatakan jika Suku Ketengban merupakan suku besar di Kabupaten Pegunungan Bintang, bahkan mendiami 15 distrik.

Dijelaskannya, untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta silaturahmi ribuan warga Suku Ketengbang yang berada di Kota Jayapura dan sekitarnya, maka dilakukan perayaan Natal Bersama Suku Ketengban.

“Perayaan Natal ini, menjadi momentum untuk menjaga persatuan dan meningkatkan silaturahmi warga Suku Ketengban, supaya ketika Negara memberikan pemekaran kepada Ketengban, tentu akan saling bergandengan tangan dalam membangun Ketengban,” jelasnya.

Yang jelas, ungkap Anggota DPR Papua dari Daerah Pemilihan Kabupaten Pegunungan Bintang, Yalimo dan Yahukimo ini, jika masyarakat Ketengban menunggu dimekarkan menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) atau pemekaran Kabupaten Ketengban.

“Kami menunggu menerima pemekaran Kabupaten Ketengban,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II DPR Kabupaten Pegunungan Bintang, Junius Tengket mengapresiasi kepada seluruh masyarakat Suku Ketengban yang telah menghadiri Natal Bersama Suku Ketengban.

Bahkan untuk menyambut pemekaran Ketengban, Junius Tengket mengaku jika DPRK Pegunungan Bintang sudah melakukan validasi data yang sudah selesai.

“Tapi saat ini saya tidak berbicara soal pemekaran. Namun, kami berbicara perayaan Natal atas kepercayaan masyarakat dari Suku Ketengban,” terangnya.

Apalagi ungkapnya, Suku Ketengban yang berada dibawah Gunung Trikora merupakan suku besar yang mendiami 15 distrik di Pegunungan Bintang dengan bahasa asli sendiri, yang terdapat beberapa sub suku.

“Jadi, kami mewakili 14 anggota DPRK Pegunungan Bintang dari Suku Ketengban menyampaikan terima kasih karena bisa merayakan Natal bersama dengan masyarakat dan mahasiswa serta pelajar di Kota Jayapura dan Keerom untuk meningkatkan kebersamaan,” ungkapnya.

Sehingga pada kesempatan tersebut, Junius Tengket menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk Anggota DPR Papua Tarius Mull yang membantu suksesnya perayaan Natal Bersama Suku Ketengban.

Namun Junius berharap lewat perayaan Natal ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kebersamaan dalam mewujudkan kedamaian di Pegunungan Bintang serta bersama-sama membangun daerah itu. (Tia)