Pasific Pos.com
Olahraga

Wagub Ajak Masyarakat Sukseskan PON

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal

Jayapura – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengajak berbagai lapisan masyarakat untuk menyukseskan perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 mendatang.

Menurut Wagub, PON itu agenda Nasional yang dipercayakan kepada Provinsi Papua sebagai tuan rumah.

“Pemerintah sudah bangun berbagai fasilitas untuk mendukung dan mensukseskan PON, tetapi kami juga mengimbau kepada masyarakat mendukung dan mengambil kesempatan untuk berkarya, sehingga PON ini benar-benar membawa dampak positif pada ekonomi, terutama pada daerah yang menjadi lokasi venue PON,” kata Wagub kepada pers di Jayapura, Kamis, (26/11/2020).

Pada kesempatan itu, Wagub juga mengimbau kepada PB PON untuk membeli hasil karya masyarakat untuk dijadikan sebagai cenderamata bagi para atlet, pelatih dan tamu lainnya yang datang ke Papua.

“Saya harap cenderamata PON murni dibuat oleh orang Papua, bukan dibuat di Jawa baru bawa ke Jayapura, pakai prodak-prodak Papua, sehingga masyarakat paling tidak merasakan dampak ekonomi tersebut,” ujarnya.

Dikatakan Wagub, dampak positif ekonomi itu tidak hanya untuk daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan PON saja, tetapi di luar itu juga bisa ikut merasakan. “wajib hukumnya cederamata itu PB PON bisa beli dari mama-mama Papua atau pengrajin cenderamata di kabupaten/kota,” harapnya.

Diketahui, PON Papua 2021 direncanakan memperlombakan 37 cabor dengan 56 disiplin, 679 nomor, serta kuota atlet berjumlah 6.442 orang.

37 cabang olahraga itu, adalah aerosport, aquatic, anggar, angkat berat, atletik, baseball, bermotor, biliard, bola basket, bola tangan, bola voli, bulu tangkis, catur, cricket, dayung.

Kemudian gulat, hockey, judo, karate, kempo, layar, menembak, muaythay, panahan, panjat tebing, Pencat silat, rughby, selam, senam dan sepak bola.

Artikel Terkait

Media Center PON XX Pindah ke Wisma Atlet

Bams

Papua Fokus Berbenah Sambut PON XX 2021

Bams

Persiapan PON XX, Satu Venue Digeser

Bams

Jelang PON, Cabor Tak Berhak Menentukan Tempat TC

Bams

Rakor KSP Bahas Kesiapan PON XX Papua

Bams

PON XX, GOR STT GIDI Bernuansa Papua

Bams

PB PON Papua Ikut Usulan KONI Pusat

Bams

1 Juli, PB PON Papua Buka Pendaftaran Wartawan

Bams

Ketua Puslatprov dan Sekum KONI Tinjau Wisma Atlet Papua

Bams