Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Tunjang Operasional Kampus dan Panti Asuhan, Partai NasDem Serahkan 3 Unit Bus Sekolah

Ketua Fraksi NasDem DPR RI Robert Rouw bersama ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw ketika menyerahkan bantuan 1 unit bus sekolah untuk menunjang operasional Panti Asuhan Kerahiman Hawaii Sentani, Jumat (9/2/2024).

 

 

Sentani – Ketua Fraksi NasDem DPR RI Robert Rouw bersama ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw menyerahkan bantuan 3 unit bus sekolah untuk menunjang operasional di 2 kampus dan 1 panti asuhan, Jumat (9/2/2024).i

2 kampus dan 1 panti asuhan yang menerima bantuan bus sekolah tersebut yaitu kampus STFT Fajar Timur, kampus STT I.S. Kijne Jayapura dan Panti Asuhan Kerahiman Hawaii Sentani.

Ketua Fraksi NasDem DPR RI, Roberth Rouw mengatakan bantuan bus sekolah ini merupakan satu program aspirasi yang ada di Komisi V DPR RI melalui Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI untuk yayasan pendidikan yang ada di Tanah Papua.

“Semoga bantuan bus untuk transportasi pendidikan ini bermanfaat dan memenuhi ketepatan waktu jarak tempuh,” kata Robert usai penyerahan bus di Panti Asuhan Kerahiman Hawai Sentani.

Wakil ketua Komisi V DPR RI itu mengaku saat ini hanya membawa sebanyak 5 unit bantuan bus sekolah.

“Tapi kedepan, saya akan berusaha membawa lebih banyak lagi. Karena masih banyak masyarakat khususnya anak anak didik mulai tingkat dasar sampai ke perguruan tinggi masih membutuhkan alat transportasi,” ungkapnya.

Sebelumnya, ia menyerahkan bantuan bus sekolah itu melalui pemerintah daerah untuk dikelola untuk angkutan anak anak sekolah secara gratis.

“Dan saya kira ini sangat bermanfaat. Sekali lagi, kami akan perjuangkan untuk program seperti ini akan diperbanyak ke depan,” tuturnya.

Meski sibuk di DPR RI, Roberth Rouw mengaku hal itu tidak menjadi alasan bahwa program ini tidak bisa hadir di masyarakat.

Apalagi Partai NasDem memiliki struktur partai hingga ke daerah dan anggoat dewan dari Fraksi NasDem ada di provinsi, kabupaten/kota.

“Nah, melalui mereka yang menjadi mata dan bathin kita di daerah, maka merekalah yang menyalurkan aspirasi itu. Kami bekerja untuk mendapatkan ini, sehingga mereka harus menyalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Rouw.

“Kami partai Nasdem bangga karena kami bekerja berjenjang untuk memperjuangkan aspirasi rakyat. Ini suatu kepuasan dan saya kira ini tidak sia – sia apa yang kami perjuangkan disana dan manfaatnya begitu besar, sehingga menjadi energi untuk kami berjuang keras lagi untuk program ini dan program program lain,” pungkas Rouw.

Sementara Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw merasa bersyukur pihaknya bisa menyalurkan bantuan bus sekolah yang menjadi aspirasi yang disampaikan melalui Partai NasDem.

“Kami perjuangkan aspirasi itu dan hari ini kami bisa menyerahkan 3 unit bus sekolah dan hari Senin, 12 Februari 2024 akan kita serahkan 2 bus sekolah. Tiga bus sekolah itu kita serahkan ke STFT Fajar Timur, STT IS Kaijne dan Panti Asuhan Kerahiman dan kita harap bisa dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Kedepan ia berharap pemerintah daerah kabupaten/kota bisa mensubsidi operasional bus sekolah, sehingga tidak menjadi beban. Seperti panti asuhan ini, bagaimana mereka membeli minyak, service dan lainnya.

“Sehingga mereka bisa mengelola manfaat bagi masyarakat terutama bagi adek adek di Panti Asuhan Kerahiman. Karena bus sekolah ini merupakan impian yang sudah lama sekali dan kita cukup terharu, karena mereka datang dari daerah yang sangat susah. Ada yang tidak memiliki orang tua, ada yang memang kurang mampu dan terpaksa tinggalkan orang tua, karena kondisi adanya konflik dan sebagainya,” jelas Banua Rouw.

“Apalagi anak – anak ini mereka punya kemauan tinggi untuk sekolah dan bercita cita ingin jadi polisi, TNI, dokter dan sebagainya, maka itu perlu kita berikan perhatian penuh. Saya tahu karena dekat dengan mereka dan selalu datang serta terus memberikan motivasi kepada mereka,” sambungnya.

Di tempat berbeda, Ketua Program Pasca Sarjana STFT Fajar Timur, Pastor Constantinus Bhahang mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih atas bantuan bus sekolah dari pemerintah yang diperjuangkan oleh Fraksi Partai NasDem DPR RI ini.

“Bus sekolah ini memang sangat kami harapkan, karena berkaitan dengan mobilitas anak anak kuliah disini. karena memang mereka tidak semua tinggal disini, ada yang dari luar. Apalagi, kami menjaga disiplin dan tepat waktu untuk kuliah ini, sehingga kami merasa terbantu kebutuhan kami ditanggapi oleh pemerintah melalui pak Roberth Rouw dan Jhony Banua Rouw dari NasDem,” kata Constan.

Dirinya menyatakan akan merawat bus sekolah itu dengan baik, karena memang sangat dibutuhkan untuk kepentingan kampus. Dimana ada 200 orang dari berbagai daerah pedalaman terutama dari 5 keuskupan di Tanah Papua.

“Sebab kami dj STFT Fajar Timur merupakan satu satunya perguruan tinggi untuk mempersiapkan calon pastor di Papua,” tukas Constan.

Sementara itu, Uskup Emeritus Mgr Leo Laba Ladjar OFM pun mengapresiasi bantuan bis sekolah untuk anak anak Panti Asuhan Kerahiman Sentani.

“Sebab sudah lama anak anak Panti Asuhan ini jalan kaki dan naik kendaraan umum ke sekolah. Sehingga di kesempatan ini kami ucapkan terima kasih karena setelah kami sampaikan kepada Ketua DPR Papua, ternyata langsung diperjuangkan dan diserahkan hari ini,” ujarnya.

Ia mengira akan mendapatkan bus eks PON Papua, namun ternyata tidak. “Karena kenyataannya ada bus khusus yang sudah disediakan bahkan bus sekolah ini lebih bagus dari bus eks PON Papua dan Ini luar biasa. Terima kasih atas bantuan dari Partai NasDem ini,” ucapnya.

 

Artikel Terkait

HUT Ke-45, SMPN 2 Sentani Gelar Lomba Fashion Show Daur Ulang

Jems

Datangi TPS 040 Dobonsolo, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Salurkan Hak Pilih

Jems

Tegas, Ondoafi Phuyaka Ingatkan Caleg Non OAP untuk Tidak Menggunakan Money Politik

Jems

Gelar Turnamen Catur, Ruddy Bukanaung: Ini Ajang Silaturahmi Dengan Pecatur Kabupaten Jayapura

Jems

Komitmen Ruddy Bukanaung Penuhi Permintaan Pedagang Sayur Furia

Jems

Raih Dukungan Suara, Ruddy Bukanaung Gencar Lakukan Tatap Muka Bersama Masyarakat Dapil II

Jems

Temui Warga Kampung Kensio, Ruddy Bukanaung Mohon Doa dan Dukungan

Jems

Sambut HPN, Polres Jayapura dan Wartawan Gelar Diskusi Publik Melek Literasi Pemilu Damai 2024

Jems

Tepati Janji, Ruddy Bukanaung Serahkan Puluhan Rompi Kepada Tukang Ojek Yahim

Jems