Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Tips Agar Bisa Segera Mendapatkan Porsi Haji dan Umrah

Bank Muamalat Jayapura
Bank Muamalat Jayapura

Jayapura – Tentu semua umat muslim sangat ingin berkunjung ke Baitullah (Tanah suci) dalam rangka ibadah haji yang antriannya panjang dan dibatasi kuota, maka umrah dapat menjadi alternatif.

Jika dilihat dari segi finansial, selama seseorang masih memiliki pemasukan rutin, ibadah haji atau umrah bisa saja dilakukan semua kaum muslim. Asalkan punya strategi pengelolaan keuangan yang baik dan sabar menabung.

Kepala Bank Muamalat Indonesia Cabang Jayapura, CH. Elok menyarankan dalam perencanaan keuangan untuk menyiapkan dana ibadah haji dan umrah yang pertama dilakukan adalah memasukkan biaya haji dan umrah dalam porsi perencanaan keuangan dan menyisihkan sekitar 5-10 persen dari gaji setiap bulannya.

“Biaya daftar haji kurang lebih Rp25.500.000, untuk mendapatkan porsi haji. Setelah mendaftar maka akan mendapatkan nomor porsi dan akan berangkat sesuai dengan jadwal antrian yang telah ditentukan, namun masa tunggu setiap daerah berbeda,” ucap Elok.

“Namun, dalam merencanakan keuangan dengan menabung untuk haji atau umrah perlu dilakukan di lembaga yang terpercaya. Karena akhir-akhir ini banyak pula kasus penipuan berkedok travel haji atau umrah,” lanjutnya, Rabu (4/2/2020).

Ibadah Haji merupakan rukun islam yang kelima yang wajib dikerjakan bagi mereka yang mampu, mampu disini adalah memiliki biaya untuk daftar dan bekal untuk dibawa dan bekal yang ditinggalkan untuk keluarga. Pahala dari ibadah haji yaitu akan diampuni seluruh dosa-dosa yang pernah dikerjakan, akan kembali suci ibarat bayi yang baru dilahirkan. (Zulkifli)

Artikel Terkait

Bank Bisa Lakukan Validasi dan Pendaftaran NPWP Nasabah Secara Online

Zulkifli

Tabungan Hijrah Prima Berhadiah Qurban dari Bank Muamalat

Zulkifli

Ini Harapan OJK Papua Soal Kookmin Bank Setor Dana Segar ke Bukopin

Zulkifli

OJK : Kondisi Perbankan di Papua Stabil dan Terjaga

Zulkifli

Bank Muamalat Indonesia Raih Dua Penghargaan Monumental

Zulkifli

Bank Muamalat Salurkan Bantuan di 35 Kota Kawasan Timur Indonesia

Zulkifli

Bank Muamalat Donasi Ribuan APD untuk Tenaga Medis

Zulkifli

Bank Papua Hentikan Pemberian Kredit Baru untuk Sejumlah Bidang, Apa Saja ?

Zulkifli

DPRP Minta Perbankan di Papua Segera Tindak Lanjuti Instruksi Presiden

Tiara