Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

OJK : Kondisi Perbankan di Papua Stabil dan Terjaga

Perbankan di Papua Stabil
Adolf Fictor Tunggul Simanjuntak.

Jayapura – Menyikapi peredaran berita lama yang dimanfaatkan oleh oknum untuk mengajak nasabah menarik dana di beberapa bank termasuk bank-bank yang berada di Provinsi Papua dan Papua Barat, dapat kami informasikan bahwa Perbankan di Provinsi Papua dan Papua Barat dalam kondisi stabil dan terjaga.

OJK Provinsi Papua dan Papua Barat meminta nasabah di Tanah papua tidak perlu khawatir, takut, dan ragu terhadap kondisi Perbankan di Tanah Papua.

Kepala OJK Provinsi Papua dan Papua Barat, Adolf Fictor Tunggul Simanjuntak mengatakan, salah satu bank yang diberitakan secara tidak benar adalah Bank Papua.

Berdasarkan pengawasan OJK Provinsi Papua dan Papua Barat, Bank Papua saat ini dalam kondisi sehat, stabil dan terjaga. Tercermin dari rasio NPL Net (Non Performing Loan) Bank Papua per April 2020 sebesar 1,56%, turun dari posisi NPL Net Desember 2019 sebesar 1,65%.

“Kecukupan likuiditas Bank Papua yaitu rasio alat likuid/non core deposit dan alat likuid/DPK Posisi Mei 2020 pada level 97,77% dan 26,33% meningkat dari posisi Maret 2020 pada level 76,54 dan 20,15%,” terang Adolf dalam siaran pers, Kamis (11/6/2020).

Nilai tersebut juga jauh di atas treshold masing-masing sebesar 50% dan 10 %.

Adolf menyebutkan, dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, OJK Provinsi Papua dan Papua Barat juga telah meminta kepada Pimpinan Lembaga Jasa Keuangan di Provinsi Papua dan Papua Barat agar tetap saling menjaga etika bisnis Industri Jasa Keuangan di Tanah Papua.

Artikel Terkait

Bank Bisa Lakukan Validasi dan Pendaftaran NPWP Nasabah Secara Online

Zulkifli

Waspada Terhadap Penawaran Investasi Imbal Hasil Tidak Wajar

Zulkifli

OJK Dukung Implementasi Program PEN

Zulkifli

Ini Harapan OJK Papua Soal Kookmin Bank Setor Dana Segar ke Bukopin

Zulkifli

Pegawai OJK Bagikan Ratusan Paket Bapok dan APD

Zulkifli

12.840 Debitur di Papua Dapat Persetujuan Relaksasi Kredit Dampak Covid-19

Zulkifli

Resktrukturisasi Tidak Berlaku bagi ASN dan Karyawan Berpenghasilan Tetap

Zulkifli

Konsumen Pinjaman Online Tak Dapat Mengajukan Restrukturisasi, Ini Penjelasan OJK

Zulkifli

Pegawai OJK Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Zulkifli