Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura Olahraga

Terpilih Aklamasi, Hanna Hikoyabi Nahkodai PODSI Kabupaten Jayapura

Sekretaris Pengprov PODSI Papua Otniel Deda ketika menyerahkan Pataka PODSI kepada Ketua terpilih PODSI Kabupaten Jayapura Hanna S. Hikoyabi, usai pelaksanaan Musorkab PODSI Kabupaten Jayapura, di Lantai II Sekretariat KONI Kabupaten Jayapura, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (31/5/2022) siang.

SENTANI – Hanna S. Hikoyabi, terpilih aklamasi sebagai Ketua PODSI Kabupaten Jayapura periode 2022-2026, dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) yang digelar di Lantai II Sekretariat KONI Kabupaten Jayapura, Hawaii, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (31/5/2022) siang.

Ketua terpilih Hanna S. Hikoyabi mengatakan, pada waktu lalu PODSI Kabupaten Jayapura banyak terkendala dalam soal pembinaan dan juga penyediaan fasilitas. Maka itu, di kepengurusan yang baru ini akan dilakukan perubahan, serta menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan berdasarkan kebutuhan. Semua hal yang dibutuhkan ini akan diputuskan berdasarkan musyawarah dan juga rapat kerja.

“Persiapan kami sebagai formatur untuk melengkapi seluruh struktur badan pengurus hingga pelaksanaan pelantikan, sebelum event PORKAB II digelar Juni mendatang,” kata Hanna Hikoyabi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura tersebut dalam sambutannya usai terpilih sebagai Ketua PODSI Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, Sekretaris Pengprov PODSI Papua Otniel Deda mengatakan, Hanna Hikoyabi terpilih setelah mendapat hak suara dari semua peserta dalam musyawarah olahraga kabupaten (Musorkab) cabang olahraga (Cabor) Dayung Kabupaten Jayapura.

“Semua ada lima suara yang terdiri dari tiga klub, kemudian juga ada dari kepengurusan PODSI periode sebelumnya (2018-2022) dan dari KONI Papua. Semuanya memilih Hanna sebagai ketua PODSI Kabupaten Jayapura,” kata Otis sapaan akrabnya.

Menurutnya, dari beberapa calon yang mendaftar sebagai Ketua PODSI Kabupaten Jayapura hanya saja Hanna Hikoyabi yang memenuhi syarat.

“Apalagi dia (Hanna Hikoyabi) juga bersedia menjadi ketua PODSI Kabupaten Jayapura, sehingga kami mengapresiasinya,” tutur Otis.

Dirinya juga menjelaskan pihaknya berharap dengan terpilihnya ketua dan juga kepengurusan yang baru ini dapat membawa prestasi dayung di Bumi Khenambay Umbay itu kembali berjaya di tingkat provinsi atau Indonesia.

“Karena olahraga dayung merupakan cabang olahraga (Cabor) unggulan yang harus dipertahankan prestasinya,” kata Otis lagi.

Dia juga menambahkan kepengurusan PODSI Kabupaten Jayapura segera mempersiapkan diri untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Papua yang rencananya akan di gelar pada November 2022 mendatang.

“Kami juga akan melakukan pemilihan ketua PODSI di Kota dan Kabupaten lain di Provinsi Papua, sehingga Cabor dayung ini bisa mempersiapkan atlet berbakat untuk PON XXI di Sumetara Utara dan Aceh,” tutupnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Musorkab PODSI Kabupaten Jayapura ini juga dihadiri Ketua Harian KONI Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo, S.IP., para pelatih dayung Kabupaten Jayapura dan ketua serta pengurus PODSI Kabupaten Jayapura periode sebelumnya.