Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Teken Piagam Deklarasi, Gerindra dan PKB Sepakat Bekerja Sama Menuju Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Gerindra, H. Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar saat meneken piagam deklarasi koalisi. (Foto : Tiara)

Bogor – Setelah rapat pimpinan nasional (Rapimnas) partai Gerindra 2022 di hari pertama dengan agenda penetapan H. Prabowo Subianto sebagai capres sekaligus mendengar jawaban Prabowo untuk memberikan jawaban atas permintaan ribuan kader agar maju capres 2024 mendatang, berjalan sukses. Dihari kedua rapimnas, Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi mendeklarasikan koalisi menuju Pilpres 2024.

Oleh karena itu, kesepakatan koalisi ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin.

Penandatanganan piagam deklarasi koalisi menuju Pilpres 2024 ini berlangsung di SICC Sentul Bogor, Jawa Barat dengan dihadiri ribuan kader Gerindra dan PKB se Inonesia yang berlangsung di Gedung SICC sentul Bogor, Sabtu 13 Agustus 2022.

Hal ini juga merupakan salah satu poin piagam deklarasi koalisi. Untuk itu, Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid membacakan isi piagam deklarasi itu dihadapan ribuan kader, baik kader Gerindra tapi juga kader PKB.

Pada poin pertama, Gerindra dan PKB telah sepakat bekerja sama menuju Pilpres 2024 mendatang.

“Kami Partai Gerindra dan PKB telah sepakat bekerjasama dalam pemilu serentak 2024,” kata Dasco ketika membacakan salah satu poin piagam deklarsi di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 13 Agustus 2022.

Partai Gerindra dan PKB sepakat koalisi. (Foto : Tiara)

Kemudian, pada poin berikutnya dibacakan Jazilul Fawaid. Yang didalamnya mengatakan bahwa capres dan cawapres yang bakal diusung koalisi akan diserahkan pada keputusan kedua ketum di poros.

“Jadi capres dan cawapres merupakan kerjasama PKB dan Gerindra akan ditentukan secara bersama sama oleh Ketua Dewan Pembina dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar,” ujar Jazilul yang disambut suara riuh.

Bahkan dalam poin lainnya di piagam deklarasi koalisi Jazilul menegaskan, jika kerjasama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan di negara Indonesia secara berdaulat dan turut menciptakan perdamaian dunia.

Maka, lewat rapimnas Gerindra ini, Gerindra dan PKB sepakat berkoalisi di Pilpres 2024. Bahkan, deklarasi koalisi itu langsung dideklarasikan oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul Jawa Barat.

Dari hasil pantauan Pasific Pos di lokasi sekitar pukul 10. 08 WIB, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muahimin Iskandar meneken piagam deklarasi koalisi menuju Pilpres 2024 dengan didampingi pejabat teras dari kedua parpol itu, tapi juga disaksikan ribuan kader Gerindra maupun kader PKB, yang kemudian disambut dengan riuh dan tepuk tangan yang meriah dari kedua kader parpol itu.

Sebagaiman diketahui, rapimnas Gerindra digelar selama dua hari, pada Jumat – Sabtu, 12 – 13 Agustus 2022 yang berlangsung di SICC Sentul Bogor, Jawa Barat, untuk mengagendakan Prabowo memberikan jawaban atas permintaan ribuan kader agar maju capres.

Sementara untuk deklarasi koalisi dan deklarasi Prabowo sebagai capres yang diusung Gerindra dilaksanakan pada Sabtu siang. (Tiara)