Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Sambut Perayaan Paskah, Kader GIDI dan Baptis Gelar Berbagai Pertandingan

Salah satu Kader GIDI, Timiles Yikwa, SE saat memberikan arahan kepada seluruh peserta lomba pada acara pembukaan di Koya Karang, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Jayapura – Bagi umat kristen Protestan dan Katolik tak lama lagi merayakan Paskah yang jatuh pada Minggu 4 Februari 2021, mendatang. Dalam rangka menyambut perayaan Paskah itu, para pamuda dari berbagai wilayah yang ada di Kota Jayapura turut ambil bagian untuk mengikuti berbagai pertandingan seperti olahraga Bola Futsal dan Bola Volly. Yang pesertanya, baik putra maupun putri.

Ketua panitia lomba, Rony Jikwa mengatakan, sebulan lalu pihaknya telah membentuk panitian lomba untuk mencari pemuda dan pemudi yang mempunyai minat dan bakat di bidang olahraga seperti bola futsal dan bola volly.

Namun lanjut Rony, setelah kami panitia membuka pendaftaran lewat gruop dan undangan yang sudah di sebarkan, ternyata banyak tim yang datang dan ingin ikut ambil bagian dalam pertandingan tersebut. Tim yang ikut untuk Futsal putra ada 40 tim, Futsal putri 10, Bola Voly putra 20 tim, Bola Voly putri 16 tim.

“Tapi kita main sistim gugur, jadi yang terpilih ada sekitar 5 tim dan 5 tim ini kami bagi lagi dan yang masuk sisa tiga tim. Tiga tim ini bertanding lagi untuk mencari juara 1, 2 dan 3. Baik putra maupun putri dari tiga cabag olahraga yang sudah disebutkan tadi, ” kata Rony Jikwa sebagai ketua panitia lomba ketika ditemui Pasific Pos disela sela pertandingan di Koya Karang. Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Sabtu (20/3).

Dikatakan, bahwa hari ini telah final, sehingga seluruh rangkaian kegiatan pertandingan telah berakhir diadakan.

“Jadi timnya diantaranya diberi nama Komonal Putra itu berhadapan dengan tim PMP. PMP ini salah satu nama club dari mahasiswa yang juga ikut ikut ambil bagian dalam pertandingan ini yang tujuannya untuk menyambut perayaan Paskah nanti,” jelasnya.

Sebagai ketua panitia, Rony Jikwa berharap, lewat pertandingan yang diadakan ini ada diantara tim itu yang bisa ikut bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX nanti.

Sementara itu, ditempat yang sama, Timiles Yikwa, SE salah satu Kader GIDI dan juga sebagai intelektual dari kedua dedominasi pemudan yang telah menyelenggarakan lomba tersebut mengatakan, pertandingan ini adalah dalam rangka menyambut perayaan Paskah.

“Secara pribadi tapi juga mewakili teman teman kader bahkan senior kami memberikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada kedua dedominasi yaitu GIDI dan Baptis,” kata Timiles Yikwa.

Timiles Yikwa yang juga sebagai Ketua Komisi V DPR Papua mengungkapkan, di tempat ini secara pribadi dirinya dibesarkan. Oleh karrna itu, ia memberikan apresiasi kepada ketua panitia lomba beserta tim seleksi lainnya. Karena atas kekompakkan mereka, akhirnya seluruh rangkaian pertandingan berjalan baik hingga di hari final.

“Secara pribadi yang di besarkan di tempat in, untuk itu saya memberikan apresiasi kepada ketua panitia serta jajaranya karena bisa menyelenggarakan pertandingan ini dengan sukses hingga selesai,” ucapnya.

Menurutnya, ini sangat luar biasa, sebab berbagai persiapan telah dilakukan dan dilalui secara bersama sama selama dua bulan lebih, sehingga seluruh rangkaian kegiatan lomba berjalan sukses, lancar aman tanpa ada kendala.

“Jadi ini berakhir di tanggal 20 Maret 2021. Tapi inti dari pada itu semua, pertandingan ini dilaksankan dalam rangka menyambut perayaan Paskah. Nanti ibadahnya teman-teman panitia akan sediakan untuk KKR dan panitia juga akan siapkan tempat untuk kita duduk bicara, bahas mengenai tempat ibadah yang nantinya di pusatkan dimana. Jadi nanti ditempat itu juga pada saat perayaan Paskah, piala-piala ini akan di serahkan kepada sang juara,” terangnya.

Bahkan kata legislator Papua itu, diawal pembukaan pertandingan saya sudah sampaikan bahwa, inti dari pertandingan ini adalah menyambut perayaan Paskah dan saat itu saya juga berpesan kepada seluruh tim, bahwa sebagai orang beragama dan orang beriman mari kita bertanding secara sehat juga sportif. Selain itu juga bertanding sesuai dengan gaya serta kemampuan yang dimiliki masing-masing.

“Didalam sebuah pertandingan, kalah menang itu soal biasa yang penting bagaimana kita membangun rasa kebersamaan dan rasa solidaritas, serta kekompakkan dalam tim. Tidak boleh menimbulkan konflik atau apa pun yang akan merugikan diri kita sendiri,” pesannya.

Oleh karena itu tandas Timiles, apa yang sudah saya sampaikan saat pembukaan itu, sudah berjalan sesuai harapan. Dan sebagai kader GIDI saya juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pelatih, meneger serta pemain-pemain yang sudah ikut ambil bagian dalam perlombaan ini.

“Jadi yang sudah menyelenggarakan pertandingan ini dari dua dedominasi pemuda. Pertama dari GIDI yang ada di daerah wilayah Koya Karang lalu yang kedua dari Baptis yang lokasinya di Sagu II. Oleh karena itu saya sebagai kader juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh teman teman kader, bahkan senior-senior yang sudah ikut membantu menyukseskan jalannya pertandingan hingga di hari final ini,” ungkap Timiles.

Pada kesempatan ini, ia pun ucapkan terimakasih kepada Wakil Ketua I DPR Papua, DR. Yunus Wonda SH MH yang juga merupakan senior dari GIDI. Dimana beliau telah membantu pantia dengan menyumbang piala sebanyak 16 pics yang nantinya akan diberikan kepada para pemenang lomba.

Menurutnya, Yunus Wonda merupakan salah satu senior dam kader terbaik dari GIDI, tapi juga salah satu sponsor yang telah menyediakan piala. Beliau sudah membantu panitia dengan memberikan piala sebanyak 16.

“Setelah ibadah, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala dan teman teman panitia yang akan menyerahkan piala tersebut kepada sang juara. Tapi nanti juga teman teman pemuda/i dari dedominasi lain akan diundang pada saat penyerahan piala. Baik pemuda dari Koya Karang maupun dari Sagu II yang juga masih di wilayah Koya,” tuturnya.

Kedua, ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Kepala Kampung yang telah memfasilitasi tempat untuk dilselenggarakan pertandingan.

“Kepala kampung ini juga salah satu sponsor yang punya wilayah dimana sudah menyediakan tempat pertandingan di Koya Karang. Dan
kegiatan ini juga atas inisiatif dari pemuda pemuda yang ada di kampung Koya Karang ini. Tapi nanti saat ibadah panitia akan mengundang semua kader baik pemuda dari Baptis maupun pemuda dari GIDI untuk sama-sama merayakan Paskah sekaligus untuk menyaksikan penyerahan piala bagi pemenang lomba,” ujar Timiles Yikwa.

Namun tak lupa juga, Timiles Yikwa menyampaikan ucapan terimakasih kepada salah satu anggota DPR Papua pak Sinut Busup yang juga merupakan salah satu kader terbaik dari GIDI.

“Dimana beliau ini juga turun langsung dan mengotrol di lapangan jalannya pertandingan ini hingga sukses sampai ke babak final,” tutup Timiles Yikwa.

Artikel Terkait

Komitmen Kapolres Dan Unsur Terkait Wujudkan Keamanan Paskah

Afrans

Sapu Bekai Foundation Serahkan Telur Paskah

Arafura News

Dukung Pelayanan Pendeta GIDI, Bupati RHP Serahkan Baju Batik Gratis

Bams

Patuhi Prokes, Masyarakat Tolikara Hadiri Perayaan HUT Gereja GIDI

Bams

Sambut HUT GIDI ke 58 tahun, KNPI Tolikara Gelar Lomba Futsal dan Volly

Bams

Galang Dana, Jemaat GIDI Filadelfia Gelar Makan Sumbang

Bams

Ibadah Syukur Warnai Perayaan HUT Baptisan Pertama GIDI

Bams

Bupati Mamteng Letakkan Batu Pertama Pembangunan Monumen Baptisan GIDI

Bams

Bantuan untuk Gereja Tidak Mengenal Batas Wilayah

Bams