Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Galang Dana, Jemaat GIDI Filadelfia Gelar Makan Sumbang

Kader GIDI yang juga selaku Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda menyerahkan bantuan bahan makanan kepada panitia pembangunan Gereja GIDI Filadelfia, Kampung Nawa Mulya Distrik Yapsi, Kabupaten Jayapura.

YAPSI – Jemaat Gereja Injili Di Indonesia (GIDI) Filadelfia, Kampung Nawa Mulya Distrik Yapsi, Kabupaten Jayapura, menggelar makan sumbang untuk menggalang dana menyelesaikan pembangunan gedung gereja yang baru, Rabu (18/11/2020).

Acara makan sumbang itu dihadiri jemaat yang berasal dari klasis GIDI yang berada di Kabupaten/Kota Jayapura dan Keerom. Selain dihadiri jemaat klasis Jayapura dan sekitarnya, acara tersebut juga dihadiri kader gereja GIDI, Yunus Wonda yang juga selaku Wakil Ketua DPR Papua dan Mantan Wakil Bupati Puncak Jaya, Yustus Wonda.

Pada acara makan sumbang tersebuut, jemaat bersama kader-kader GIDI memberikan sumbangan sukarela pada sebuah Noken yang disediakan oleh panitia.

Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda, mengatakan pembangunan gedung gereja Filadelfia sudah selesai, hanya saja panitia masih kekurangan tegel dan beberapa kebutuhan lainnya. Sehingga, kami sebagai kader GIDI diundang untuk menghadiri acara makan sumbang sekaligus memberikan sumbangan secara sukarela.

“Gereja ini sudah dibangun selesai, hanya masih kekurangan tegel dan lainnya, kami sebagai kader dan jemaat dari beberapa klasis GIDI di wilayah Jayapura diundang untuk makan dan memberikan sumbangan secara sukarela,” ungkapnya.

Dijelaskannya, makan sumbang atau gotong-royong ini budaya orang Papua yang perlu dilestarikan kepada generasi Papua ke depan. “Makan sumbang ini budaya kita orang Papua, nilai-nilai budaya ini secara turun-temurun dari generasi ke generasi tetap lestari di lingkungan budaya Papua,” tegasnya.

Yunus menyatakan, sumbangan sukarela ini bukan soal besarannya yang diberikan, tetapi prinsip gotong-royong yang harus kita tumbuh dan berkembang di masyarakat sebagai bagian dari sistem budaya yang perlu dilestarikan kepada generasi Papua.

Yunus menambahkan, kearifan nilai-nilai budaya lokal dalam aspek makan sumbang, diharapkan dapat dikembangkan hingga menjadi potensi dalam pelaksanaan pembangunan di tanah Papua.

Sebab, para undangan yang datang tidak hanya makan dan berikan sumbangan saja, tetapi panitia dan jemaat setempat telah menyediakan hasil kebun untuk dibagikan kepada para tamu undangan yang hadir.

“Kita bisa lihat banyak sekali hasil kebun masyarakat yang dibagikan kepada tamu undangan yang hadir, kegiatan seperti ini harus kita lestarikan dan jaga jangan sampai punah,” imbaunya.

Disela-sela kegiatan tersebut, Yunus Wonda juga menyerahkan bantuan mahan makanan kepada panitia pembangunan Gereja GIDI Filadelfia, Kampung Nawa Mulya Distrik Yapsi, Kabupaten Jayapura.

Artikel Terkait

Ibadah Syukur Warnai Perayaan HUT Baptisan Pertama GIDI

Bams

Bupati Mamteng Letakkan Batu Pertama Pembangunan Monumen Baptisan GIDI

Bams

Bantuan untuk Gereja Tidak Mengenal Batas Wilayah

Bams