Pasific Pos.com
Headline

POBSI Papua Bangga, PB PON Datangkan Peralatan Standar Internasional

2506s212

SURABAYA – Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2021 akan segera dimulai pada 2 Oktober mendatang di Provinsi Papua. Sebanyak 37 cabang olahraga akan diadu dalam kompetisi tersebut. Mulai dari cabang sepakbola, atletik, bulutangkis, tenis, biliar dan lain sebagainya.

Beberapa peralatan pertandingan cabang olahraga pun sudah didatangkan dari luar negeri sesuai dengan standar yang biasanya digunakan dalam pertandingan kejuaraan dunia.

Sekretaris Pengurus Provinsi POBSI Papua, Agus Fakaubun yang dikonfirmasi terkait peralatan biliar yang didatangkan PB PON mengatakan bahwa peralatan yang didatangkan dari China dan Korea itu, sudah memenuhi standar.

“meja billiard yang akan digunakan pada pertandingan PON itu sudah berkualitas dan standar internasional, sebelum dilakukan pengadaan, kita sudah berkoordinasi dengan Technical Delegate (TD) dan kami minta merk yang berkualitas dan meja yang digunakan dalam kejuaraan dunia,” kata Agus.

Agus mengatakan, dalam sejarah PON untuk pertama kalinya cabor biliar akan bertanding dalam venue sendiri sehingga kami berkeinginan dalam perlombaan dengan peralatan bermerk kelas dunia.

“Kita ingin peralatan yang bagus karena memiliki venue khusus biliar, dan merk wiraka dan Hollywood terakhir dipakai pada kejuaraan dunia biliar, serta ingin mempersembahkan yang terbaik bagi insan biliar di tanah air,’ tegasnya.

Agus berharap, peralatan tersebut akan dipakai berlatih oleh atlet Papua sebelum pertandingan resmi dimulai pada Oktober mendatang.

“Bulan Agustus atau September semua atlet biliar Papua sudah berada di Mimika, kita akan surati secara resmi Koni dan PB PON untuk meminta penggunaan meja serta untuk menguasai peralatan tersebut,” jelasnya.

Sebagai tuan rumah, Agus mengatakan para atletnya perlu menguasai peralatan bermerk internasional tersebut, tapi kalau hanya dipakai saat PON, kita sama dengan tim tamu. “Tim Papua harus lebih kuasai arena/peralatan dibanding atlet dari provinsi lainnya,”ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama CV Carabao Indonesia, Hendra Kurniawan selaku penyedia barang menggaransi peralatan pertandingan biliar bermerk Internasional dan biasanya digunakan pada kejuaraan dunia biliar.

Menurut Hendra peralatan biliar yang didatangkan dari Korea dan China diantaranya meja pool 9 feet dengan merk Wiraka tipe Dynasty sebanyak 12 seet, meja snooker Wiraka 12 feet dengan tipe M-1 berasal dari China, meja carom dengan merk Hollywood tipe Pro AM-V didatangkan langsung dari Korea.

Jadi, 18 buah meja biliar terdiri dari meja pool 12 buah, snooker 3 buah dan carom 3 buah, meja dan peralatan lainnya sudah tiba di Surabaya dan siap dikirim ke Mimika tempat pertandingan biliar dilakukan,” ujarnya.

Dikatakan, peralatan pendukung lainnya seperti lampu LED untuk meja biliar, bola dan lainnya satu paket akan dikirim bersamaan ke Mimika.

“Kita sewa container 40 feet untuk menampung semua peralatan billiard, harapan saya diakhir bulan Juli semua peralatan sudah terpasang di venue,” katanya.

Hendra mengatakan, untuk memasang peralatan biliar di venue, pihaknya akan mendatangkan 10 teknisi dari Jakarta dan waktu pemasangan kurang lebih 12 haris. Pihaknya berjanji akan menempatkan satu orang teknisi untuk menjaga meja biliar sampai pertandingan PON selesai,”tutupnya.

Artikel Terkait

Pekan Vaksinasi Covid-19 Menuju PON XX Papua

Bams

Awal September, Bus Operasional PON Tiba di Papua

Bams

Jelang PON, Papua Tutup Akses Udara dan Laut

Bams

PON XX, Peralatan Basket Dikirim ke Mimika

Bams

1,6 Triliun Anggaran PON Papua Tidak Lagi Lewat Kementerian/Lembaga

Bams

PON XX, Peralatan Biliar Dikirim ke Mimika

Bams

Venue Panjat Tebing PON Papua Berstandar Internasional

Bams

Dinas PUPR Papua Siap Kerjakan 4 Venue Temporari PON

Bams

Siapkan Pergeseran Anggaran, PB PON dan Sub PB Kabupaten Jayapura Gelar Rakor

Bams