Pasific Pos.com
Info Papua

PUPR Papua Kebut Pembangunan Infrastruktur PON

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua, Girius One Yoman

JAYAPURA – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua terus mengejar target pembangunan infrastruktur untuk mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021, 2-15 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Girius One Yoman mengatakan sejumlah pembangunan infrastruktur mendukung multi event empat tahunan itu dipastikan akan selesai pada awal bulan September.

“Sejumlah pekerjaan pembangunan infrastruktur sedang dikerjalan, ia optimistis seluruh pekerjaan dapat selesai tepat waktu,” kata Girius kepada wartawan di Jayapura, Kamis (12/8/2021).

Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur di wilayah Kota Jayapura seperti jalan dari lampu merah waena ke venue Softball dan Baseball di kampus Universitas Cenderawasih sedang dikerjakan.

Saat ini, sedang dilakukan pekerjaan pelebaran jalan kemudian dilanjutkan dengan pengecoran. Selain kepentingan PON dan memperlancar arus lalul lintas, jalan menuju kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) harus bagus.

“Ini sebenarnya ruas jalan milik Kota Jayapura, tetapi jalan ini menuju kampus uncen dan berada dua venue PON, sehingga kita harus kerjakan jalan ini,” katanya

Girius mengatakan, dalam proses pelebaran jalan ini banyak tantangan dari masyarakat yang tinggal disepanjang jalan tersebut. Namun, pihaknya mengimbau kepada warga untuk ikut mendukung program pemerintah. Apalagi event PON ini pertama kali digelar di tanah Papua, sehingga ruas jalan ke venue harus dirapikan.

“Dalam pekerjaan ini ada keributan dari masyarakat, tapi saya mau sampaikan bahwa masyarakat dalam membangun bangunan itu ada aturan dan memiliki IMB, batas bangunan dengan jalan itu ada aturannya, dan kami membangun ini untuk kepentingan Nasional jadi masyarakat harus mendukung,” tegasnya lagi.

Girius menambahkan, untuk mendukung PON sejak tahun lalu PUPR mengerjakan 38 paket pekerjaan jalan alternatif PON XX 2021.

Sebanyak 38 paket tersebut, mulai dari Bandara Sentani Kabupaten Jayapura hingga Base G Kota Jayapura, untuk mendukung transportasi bagi atlet dan ofisial menuju ke seluruh venue PON.

Dikatakan, pengerjaan jalan alternatif tersebut juga bertujuan untuk menghubungkan sekaligus mengurai kemacetan saat PON 2021 digelar.

Girius One Yoman yang juga menjabat Ketua IV Bidang Pembangunan Infrastruktur PON XX 2021, meminta dukungan doa seluruh masyarakat bumi cenderawasaih agar seluruh proses pengerjaan yang dilakukan berjalan lancar.

Dia pun menjamin seluruh pembangunan insfrastruktur pendukung PON, akan rampung sebelum iven empat tahunan itu digelar.

Artikel Terkait

Gubernur Papua: Peraih Medali Emas PON Dapat Bonus Rp 1 Miliar

Bams

Sharing Program, ICRC Bertemu Kapolres Merauke

Bams

PON XX Papua Diliput 1.157 Wartawan

Bams

Pekan Vaksinasi Covid-19 Menuju PON XX Papua

Bams

Awal September, Bus Operasional PON Tiba di Papua

Bams

Jelang PON, Papua Tutup Akses Udara dan Laut

Bams

PON XX, Peralatan Basket Dikirim ke Mimika

Bams

POBSI Papua Bangga, PB PON Datangkan Peralatan Standar Internasional

Bams

1,6 Triliun Anggaran PON Papua Tidak Lagi Lewat Kementerian/Lembaga

Bams