Pasific Pos.com
Headline

Peralatan PON Tiba di Klaster Bulan Agustus

0105211PS
Ketua Bidang 1 PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi

Jayapura – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua memastikan peralatan pertandingan akan tiba di masing-masing klaster pada bulan Agustus dan September 2021 mendatang.

Ketua Bidang 1 PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan, pengadaan peralatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak ada masalah.

“Kalau peralatan yang bersumber dari ABPD tidak ada kendala, sebagian peralatan sudah dalam berjalanan dari luar negeri ke Indonesia, selanjutnya akan dikirim langsung dari Jakarta ke masing-masing klaster penyelenggaraan PON,” kata Yusuf Yambe kepada wartawan di Jayapura, pekan lalu.

Yusuf mengatakan, peralatan Biliard akan tiba di Mimika pada bulan Juni atau awal bulan Juli mendatang, sebab, peralatan billiard yang didatangkan dari luar negeri awal bulan Juni sudah tiba di Surabaya,” ujarnya.

Yusuf Yambe optimis semua peralatan akan tiba di venue tetap waktu, walaupun beberapa waktu lalu peralatan dari atletik dan dayung dari Amerika sempat mengalami masalah.

“Kita sempat ketakutan ketika pelayaran global mengalami gangguan setelah kapal kontainer Evergreen yang memiliki berat 220.000 ton dan panjang 400 meter kandas di dekat ujung selatan Terusan Suez, Mesir bulan Maret lalu. Alhasil, gangguan ini membuat lalu lintas kapal kargo menuju Eropa dari Asia atau Afrika, dan sebaliknya, terganggu. Tapi Puji Tuhan, sudah aman dan diperkirakan bulan Agustus peralatan dayung dan atletik sudah tiba di Mimika,” jelasnya.

Sementara peralatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (ABPN), kata Yusuf Yambe, tidak masalah karena semua sudah masuk dalam proses lelang.

“Yang terpenting pelaratan jangan tiba di venue sampai terlewat dari waktu pertandingan, dan peralatan yang sulit sebegia besar sudah kontrak, sehingga ada kebijakan jika perlatan tiba pada bulan September dan waktu mepet dengan jadwal, maka kemungkinan kita bisa menyesuaikan dengan jadwal, sehingga memiliki waktu yang cukup untuk set up peralatan,” jelasnya.

Lanjutnya, dari 57 disiplin caban olahraga, PB PON Papua berkewajiban atas 20 peralatan pertandingan disiplin cabang olahraga, dan 37 disiplin menjadi kewajiban Kemenpora.

Jadwal Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua akan berlangsung pada 2–13 Oktober 2021. Sebanyak 6.484 orang atlet dari 34 provinsi se Indonesia akan berpartisipasi dalam event empat tahunan tersebut.

Dari jumlah tersebut, mereka akan tersebar berdasarakan cabang olahraga di masing-masing klaster, yakni klaster Kota Jayapura, klaster Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke.

Klaster Kota Jayapura akan mempertandingkan 15 Cabang Olahraga dengan 21 nomor disiplin. Kemudian, klaster Kab. Jayapura pertadingkan 14 Cabang Olahraga dan 22 nomor disiplin.

Klaster Mimika mempertandingkan, 9 Cabang Olahraga dan 12 nomor disiplin, klaster Merauke 6 Cabang Olahraga dan 6 Disiplin.

Artikel Terkait

Gubernur Papua: Peraih Medali Emas PON Dapat Bonus Rp 1 Miliar

Bams

Sharing Program, ICRC Bertemu Kapolres Merauke

Bams

PUPR Papua Kebut Pembangunan Infrastruktur PON

Bams

PON XX Papua Diliput 1.157 Wartawan

Bams

Pekan Vaksinasi Covid-19 Menuju PON XX Papua

Bams

Awal September, Bus Operasional PON Tiba di Papua

Bams

Jelang PON, Papua Tutup Akses Udara dan Laut

Bams

PON XX, Peralatan Basket Dikirim ke Mimika

Bams

POBSI Papua Bangga, PB PON Datangkan Peralatan Standar Internasional

Bams