Pasific Pos.com
Headline

Papua Tetapkan Tanggap Darurat Covid-19 28 Hari

Papua Tetapkan Tanggap Darurat Covid-19 28 Hari
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal memberikan keterangan pers usai Rapat koordinasi Covid-19 di Jayapura, Rabu (8/4/2020).

JAYAPURA – Provinsi Papua meningkatkan pencegahan dan penanganan Covid-19 dari siaga darurat menjadi tanggap darurat selama 28 hari mulai tanggal 9 April sampai 6 Mei 2020.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengungkapkan, peningkatan dari siaga darurat menjadi tanggap darurat karena adanya peningkatan signitifikan jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 31 orang, meninggal 4 orang, sembuh 5 orang.

“Dari hasil review sejak penetapan siaga darurat ternyata kondisi Papua trendnya meningkat tajam, dalam rentang waktu 14 hari, terjadi peningkatan dari 2 orang positif menjadi 31 itu sama dengan 1500 persen peningkatannya,” kata Klemen Tinal kepada pers di Jayapura, Rabu (8/4).

Klemen mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan sama-sama menjaga kesehatan, sebab kuncinya ada di masyarakat. Diharapkan masyarakat tetap mematuhi aturan yang disampaikan oleh pemerintah.

“Jadi saling menjaga, kalau tidak ada kepentingan jangan lakukan interaksi sosial yang tidak penting,” terangnya.

“Kita juga minta masyarakat tetap tenang melakukan mengurangi aktivitas kemudian pengusaha tetap berjualan dengan baik tidak menimbun dan tidak mencari untung dalam situasi yang rumit ini,”

Sementara untuk jam buka apotik, ia minta apotik buka normal, karena hal tersebut menyangkut hajat hidup orang banyak.

”Kemudian seperti apotik hal-hal yang menyangkut hidup hajat hidup orang banyak, kita minta buka tetap normal,” tegasnya.

Sementara tempat usaha yang menjual tiket pesawat maupun kapal laut dibatalkan, karena belum ada informasi yang jelas. Artinya sampai 14 hari ke depan penerbangan apapun, kapal laut apapun atau pelayaran apapun tidak boleh membawa penumpang kecuali barang atau jasa.

“Itu sudah bisa kita lihat dalam kesepakatan yang tadi kita sepakati bersama,” tambahnya.

Artikel Terkait

Kadin Serahkan Satu Set Generator Oksigen ke RSUD Wamena

Bams

Satgas Covid-19 Perketat Pintu Masuk ke Papua

Bams

Pemprov Papua Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat Soal PPKM Mikro

Bams

Panglima TNI Berikan Bantuan Tabung Oksigen dan Ribuan Alkes Pada Masyarakat Papua

Jems

Pekan Vaksinasi Covid-19 Menuju PON XX Papua

Bams

RSUD Jayapura Produksi Oksigen Medis

Bams

Jelang PON, Papua Tutup Akses Udara dan Laut

Bams

Kasus Covid-19 Meningkat, Papua Pertimbangkan Lockdown

Bams

Menteri Tjahjo Imbau ASN Proaktif Mempercepat Penanganan Pandemi

Bams