Pasific Pos.com
Olahraga

Papua Harus Lahirkan Atlet Berprestasi di Kancah Internasional

Papua Harus Lahirkan Atlet Berprestasi
Ketua KONI Jayapura, Mathius Awoitauw,SE.M.Si

JAYAPURA – Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 akan mewarisi fasilitas-fasilitas olahraga bertaraf internasional.

Oleh karena itu, Papua dituntut untuk bisa menumbuhkan atlet kelas dunia, jangan sampai fasilitasnya kelas dunia tapi atletnya tidak punya prestasi dunia.

Ketua KONI Jayapura, Mathius Awoitauw,SE.M.Si mengajak para pengurus Muay Thai untuk mempersiapkan atlet-atlet Muay Thai yang siap berlaga di iven nasional maupun internasional.

“Pembinaan Muay Thai harus lebih ditingkatkan untuk melahirkan atlet-atlet potensial,’’ ujar Mathius Awoitauw dalam arahannya pada pelantikan pengurus Muay Thai Kabupaten Jayapura, kemarin.

Menurutnya, Cabor Muay Thai akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 mendatang. Saat ini, pembangunan venue Muay Thai yang berada di Kabupaten Jayapura telah rampung dan tinggal finalisasi.

Dengan ketersediaan venue ini, maka pembinaan Muay Thai harus lebih ditingkatkan untuk melahirkan atlet-atlet potensi dari Kabupaten Jayapura.

“Apabila pengurus serius membina atlet kita seiring dengan fasilitas yang sudah dibangun maka akan lahir atlet-atlet Muay Thai yang siap membela daerah dan negara di pentas nasional maupun dunia,”ujar Mathius.

Disampaikannya, Kabupaten Jayapura merupakan penyumbang atlet bagi Provinsi Papua diberbagai iven nasional termasuk PON XX. Oleh karena itu, kedepan pembinaan olahraga di tanah Kenambai Umbai harus ditingkatkan.

Sementara itu, Wakil Ketua I Pengprov Muaythai Indonesia Papua, Drs. Daud Ngabalin, M.Si mengajak seluruh pengurus yang baru dilantik untuk bersama dengan KONI Kabupaten Jayapura meningkatkan pembinaan atlet-atlet Muay Thai agar siap tampil di kejuaraan Muay Thai tingkat daerah, nasional dan dunia.

Atas nama Ketua Muay Thai Papua, Ngabalin menyampaikan apresiasi kepada Ketua KONI yang juga Bupati Kabupaten Jayapura atas perhatiannya mendukung pembinaan olahraga, khususnya Cabor Muay Thai.

Ditempat yang sama Ketua Muay Thai Kabupaten Jayapura, Izak R Hikoyabi,SE menyatakan komitmennya membina dan menyiapkan atlet-atlet Kenambai Umbai untuk membela Papua di PON XXI tahun 2024 di Nanggroe Aceh Darusallam.

Sebanyak 100 pemuda-pemudi Kabupaten akan direkrut untuk dilatih sebagai atlet Muay Thai. “Venue Muay Thai sudah dibangun sehingga kita konsen untuk menyiapkan atlet. 100 atlet akan kita rekrut,”katanya.

Susunan kepengurusannya antara lain Ketua, Izak R Hikoyabi,SE, Wakil Ketua Zakarias Yoppo,S.PAK, Sekretaris Henri Monim, Bendarahara Nehemia Toto.

Kemudian Bidang Organisasi Ezra Deda, Bidang Pembinaan Prestasi Aleks Hamadi, Bidang Sarana Prasarana Alex M Mehue, Bidang Humas Hesron Suebu, Bidang Hukum Mathius Key, Bidang Informasi dan Teknologi Andris Ibo serta Bidang Kesehatan Filep Ramandey.

Artikel Terkait

Softball dan Baseball PON Papua Agendakan Uji Coba

Bams

Lindungi Atlet Papua, KONI dan BPJS Sepakati Jaminan Keselamatan Kerja

Bams