Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Di Usia 47 Tahun, KNPI Jadi Wadah Pengembangan Kreativitas Pemuda

KNPI Jadi Wadah Pengembangan
Foto bersama, Bupati Jayapura, Kapolres Jayapura dan pengurus KNPI Kabupaten Jayapura di sela-sela acara HUT KNPI ke-47 Tingkat Kabupaten Jayapura, di salah satu restoran di Doyo Baru, Waibu Kabupaten Jayapura, Kamis (23/07) siang.

SENTANI – Tepat hari ini, tanggal 23 Juli 2020, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai wadah berhimpunnya pemuda-pemudi Indonesia genap mencapai usia ke – 47 tahun. Usia tersebut bukanlah muda tetapi telah dewasa, sehingga KNPI diharapkan memainkan peranan penting dikalangan pemuda untuk pembangunan bangsa.

Berbagai macam kegiatan dilakukan oleh pemuda Indonesia dihari ini guna mengisi perayaan HUT ke-47 KNPI, baik secara nasional tetapi juga di daerah-daerah. Tak ketinggalan, KNPI Kabupaten Jayapura juga merayakannya dengan penuh semarak.

Perayaan HUT KNPI Tingkat Kabupaten Jayapura di hadiri langsung oleh Bupati Jayapura bersama perangkat daerah, Kapolres Jayapura, tokoh agama, pimpinan organisasi kepemudaan dan pengurus beserta anggota DPD KNPI Kabupaten Jayapura dan distrik, yang berlangsung di salah satu restoran di Doyo Baru, Distrik Waibu Kabupaten Jayapura, Kamis (23/07)siang.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si disela-sela acara kepada wartawan mengatakan, sesuai dengan slogan KNPI Kabupaten Jayapura yakni, pemuda Kabupaten Jayapura tampil beda, maka pihaknya mengajak pemuda harus betul-betul tampil beda melalui kreativitas dan inovasi dengan mengandalkan potensi kearifan lokal.

Dalam moment HUT KNPI ke-47 tahun ini juga, Bupati memberikan aprsiasi kepada beberapa pemuda yang kreatif. Dirinya mencontohkan, ada pemuda yang membuat kampung warna-warni melalui jembatan. Ada lagi pemuda yang mendorong pemuda lain untuk mencintai laut lewat Akademi Papua Daving.

“Gerakan-gerakan pemuda dengan krativitas seperti itu kami akan memberikan suport karena mereka punya bakat dan sudah membuktikan, sehingga slogan pemuda Jayapura tampil beda benar-benar diwujudnyatakan,” ujarnya

Selain itu, bupati juga mengajak pemuda, di masa pandemi covid-19 ini untuk kembali ke kampung bersama masyarakat menguatkan ketahanan pangan di kampung masing-masing dengan menggiatkan aktivitas kebun, baik kebun secara perorangan tetapi juga perkelompok.

“Masyarakat di kampung-kampung kini fokus dengan kerja kebun, kedepan kita juga berharap pemuda juga ikut terlibat di dalam gerakan ini karena dengan ekonomi yang kuat kita bisa berkreasi dan bisa menciptakan hal-hal baru dalam gerakan baru untuk ekonomi kreatif itu. Saya pikir itulah pesan kami kepada pemuda pada Ulang tahun KNPI ke- 47,” ungkap Bupati Mathius.

Ditempat yang sama, Kapolres Jayapura, AKBP. Dr. Victor Dean Mackbon menandaskan, dalam momentum HUT KNPI ke-47 Tahun hendaknya pemuda Kabupaten Jayapura mengambil peran dalam mendukung pemerintah membangun daerah ini.

Kapolres menjelaskan, KNPI merupakan organisasi besar yang membawahi sejumlah organisasi-organisasi kepemudaan di daerah ini. Sebab itu, KNPI hendaknya mengorganisir dengan baik dan menghimpun pemuda sebagai generasi emas Papua untuk tujuan pembangunan dimasa mendatang.

Dirinya mengajak pemuda Kabupaten Jayapura dapat memanfaatkan KNPI sebagai wadah untuk belajar dan mencari pengalaman beroganisasi. Supaya kelak menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang handal dan mampu memberkan teladan bagi generasi yang akan datang.

“Kmi berharap kedepan, peran pemuda dalam pembangunan di Kabupaten Jayapura tetapi juga di Papua dapat terwujud. Pemuda dalam KNPI hendaknya berpikir dan bekerja secara terarah, jangan bekerja tanpa arah. Saya yakin, KNPI mempunyai AD/ART yang didalamnya termuat aturan-aturan sebagai arah organisasi, sehingga bekerja dan berkaryalah sesaui arah organisasi,” pesan Kapolres.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura, Erool Moddy Marwery menuturkan, sampai dengan memasuki usia yang ke-47 tahun, KNPI terus berdiri di garda terdepan sebagai wadah pemuda untuk bersama pemerintah dan pihak lain membangun daerah.

“Saya mengakui bahwa hari ini ada banyak pemuda di Kabupaten Jayapura tetapi sedikit yang bisa memberikan solusi. Saya berharap, pemuda wajib memberikan solusi kepada daerah ini melalui wadah-wadah kepemudaan yang adan,” harapnya.

Erool juga mengajak supaya pemuda Kabupaten Jayapura kedepan dapat menjadi pemuda yang kreativ dan inovatif sebagaimana yang diharapkan juga oleh bupati. Dengan demikian, semua potensi yang terdapat di kampung-kampung, baik potensi pariwisata, potensi pengembangan ekonomi kreativ, dan potensi lain bisa dikembangkan.

Dikesempatan tersebut, Buati Jayapura mewakili pemerintah daerah bersama Kapolres Jayapura menyampaikan selamat ulang tahun kepada KNPI, sembari menyampaikan sallam sehat dan berpesan, KNPI menjadi wadah kepemudaan yang lebih baik di waktu mendatang.

Artikel Terkait

Puncak HUT KNPI Kabupaten Jayapura Bakal Digelar di Cafe and Resto Dabu-dabu Iris

Jems

Sambut HUT KNPI ke-47, KNPI Kabupaten Jayapura Bagikan Bunga Kepada Tenaga Medis

Jems

Sambut HUT ke-47, KNPI Kabupaten Jayapura Bagikan 1000 Masker di Pasar Pharaa

Jems

KNPI Tolikara Sosialisasi Covid-19 Dengan Bahasa Lani

Bams