Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Minta Stop Berpolemik dan Berdebat, Sihar Tobing Ajak Masyarakat Dukung Pj Bupati

Ketua Fraksi BTI yang juga Legislator Partai Golkar Kabupaten Jayapura, Sihar L. Tobing, S.H

Sentani – Masyarakat Kabupaten Jayapura diminta untuk mendukung Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo yang telah ditunjuk dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Permintaan tersebut disampaikan Ketua Fraksi Bhinneka Tunggal Ika (BTI) DPRD Kabupaten Jayapura Sihar L. Tobing, S.H., sebagai bentuk untuk menghentikan segala polemik guna mendukung Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo dalam menjalankan tugas pemerintahan di Kabupaten Jayapura.

“Saya ucapkan selamat buat pak Triwarno Purnomo yang telah dilantik sebagai Pj Bupati Jayapura yang baru. Saya juga mengajak kepada semua masyarakat Kabupaten Jayapura agar dapat mendukung Pj Bupati. Mari kita stop berpolemik dan stop berdebat. Kita tidak perlu cerita mundur lagi, ya ini secara resmi dan sah sudah ditetapkan (dilantik) Mendagri untuk menjadi Penjabat Bupati Jayapura,” ujar Ketua Fraksi BTI yang juga Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura ini di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (20/12/2022).

Legislator Partai Golkar Kabupaten Jayapura ini menuturkan, situasi yang sudah terjadi ini anggap saja ada pro kontra, ya ibaratnya kayak Pilkada dan pemenangnya sudah ada. “Untuk itu, mari kita dukung, kita bahu membahu mendukung beliau untuk kemajuan Kabupaten Jayapura kedepan,” ajaknya.

“Sekali lagi, saya minta kepada semua masyarakat sejak saat ini, stop berpolemik, stop saling menjatuhkan dan stop saling berdebat. Kita tidak boleh gara-gara hanya masalah penjabat ini, kita saling bermusuhan dan segala macam itu tidak boleh. Sekarang sudah ada penjabat, mari kita saling bergandengan tangan, saling mendukung dan kita bersatu lagi untuk mendukung untuk mendukung Penjabat Bupati Jayapura yang sudah ditetapkan dan dilantik tadi (kemarin) pagi,” imbau Sihar menambahkan.

Ia juga menegaskan, pihak DPRD tetap melakukan fungsinya yakni, legislasi, anggaran dan yang paling utama itu fungsi pengawasan. Serta, pihaknya juga berharap dengan kehadiran Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo ini, Sihar meyakini bahwa penjabat akan profesional, juga bisa menyejukkan suasana di Kabupaten Jayapura dan merangkul semua pihak yang saling bertentangan maupun saling bertolak belakang.

“Saya yakin dan percaya dengan kehadiran beliau di Kabupaten Jayapura, yang mana beliau sebagai ASN yang netral dan juga sebagai pamong itu harus mempersiapkan Pemilu maupun Pilkada kedepannya itu, kita berharap beliau ini profesional,” paparnya.

Disinggung mengenai adanya statement bahwa ini adalah kesalahan yang dilakukan oleh DPRD Kabupaten Jayapura dalam mengusulkan nama calon Pj Bupati Jayapura ke Kemendagri, pria yang juga Praktisi Hukum ini menyampaikan, dirinya tetap dengan pernyataan awal bahwa tidak ada yang salah dan apa yang dilakukan oleh DPRD itu sudah sesuai prosedur, serta seluruh fraksi di DPRD mendukung Sekda Kabupaten Jayapura sebagai Pj Bupati Jayapura dengan segala pertimbangannya seperti yang dijelaskan awal.

“Jadi, tidak ada yang salah disini. Sekali lagi, saya minta kepada semua pihak mulai saat ini untuk stop saling jelek-menjelekan, saling mencari kesalahan, apalagi penjabat ini sudah ada dan marilah kita semua dukung,” tegasnya.

Ketika ditanya terkait adanya rencana aksi demo dari sejumlah masyarakat sebagai bentuk penolakan terhadap Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo saat tiba di Jayapura, pria yang nyentrik dengan kacamata ini mengungkapkan, itu sudah tidak ada gunanya lagi, karena penjabat bupati ini sudah ditetapkan dan dilantik.

“Maka itu, saya sampaikan agar pemerintahan ini harus berjalan, pembangunan harus jalan, kemudian pelayanan kepada masyarakat juga harus jalan, jadi sekali lagi saya minta untuk kita semua dukung penjabat bupati yang sudah ditetapkan dan dilantik Mendagri,” tutup Sihar.

Artikel Terkait

Temui Pj Bupati Jayapura, ini yang Disampaikan Sekda Hana Hikoyabi

Jems

Terkait Pj Bupati, Tokoh Pemuda Kabupaten Jayapura Nyatakan Dukung Keputusan Mendagri

Jems

Bukan Dari Usulan Dewan, DPRD Tolak Penunjukan Pj Bupati Jayapura

Jems

Tokoh Adat, Pemuda dan Perempuan Minta Pj. Bupati Jayapura Harus OAP

Jems

Sihar Tobing Dipercaya Pimpin Ketua Bapemperda dan Fraksi BTI

Jems