Pasific Pos.com
Headline

Lima Kepala Daerah di Papua Terima Penghargaan dari Menteri Agama

Papua Terima Penghargaan dari Menteri Agama

Jayapura – Lima kepala daerah di Provinsi Papua menerima penghargaan dari Kementerian Agama (Kemenag) atas kepedulian mereka terhadap pembinaan agama di daerahnya.

Kepala daerah penerima penghargaan bidang keagamaan tersebut yaitu Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano, Bupati Kepulauan Yapen, Tony Tesar, Bupati Tolikara, Usman Wanimbo, Bupati Jayapura, Matius Awoitauw dan Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Agama (Menag) Jenderal Purn Fachrul Razi di Jayapura, Kamis, 3 September 2020.

Menteri Agama (Menag) Jenderal Purn Fachrul Razi mengatakan, pemberian kepada kepala daerah di Papua karena mereka memiliki kepedulian yang lebih terhadap bidang keagamaan.

“Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Papua, serta kepada semua instansi terkait, atas dukungan dan kerjasama lintas sektoral dalam pembangunan kehidupan beragama selama ini. Semoga kerjasama dan kebersamaan itu dapat semakin ditingkatkan di masa-masa mendatang,” katanya.

Selain itu, Fachrul Razi melakukan sosialisasi program “Kita Cinta Papua” penyerahan dokumen permohonan usulan alih status dan penegerian lembaga pendidikan keagamaan, penyerahan kepada mahasiswa putra-putri orang asli Papua (OAP) penerima afirmasi beasiswa program “Kita Cinta Papua”, penyerahan bantuan lembaga keagamaan dan pendidikan keagamaan.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei mengatakan kehadiran Menteri Agama di Bumi Cendrawasih sekaligus merespon harapan agar Menag RI hadir langsung bertatap muka dengan para tokoh agama dan tokoh adat di Papua yang disampaikan saat gelaran dialog virtual awal Agustus lalu.

Ia menambahkan Menag RI juga dijadwalkan akan melakukan pencanangan pembangunan Kantor Layanan Kerukunan Umat Beragama dan Monumen Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Jayapura, memberi sambutan pada Stadium General di Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKN) Burere Sentani, menemui mahasiswa OAP yang mengikuti acara pembekalan afirmasi beasiswa di Sentani, pembinaan ASN Kemenag, dan stadium general di IAIN Fattahul Muluk Papua.

“Kami memberikan apresiasi kepada Menteri Agama RI dalam “Kabinet Indonesia Maju” dengan program keberpihakan yang besar pada Papua baik di bidang pendidikan dan urusan agama juga kerukunan umat beragama,” ujar Pdt. Amsal Yowei.

Kakanwil Kemenag Papua pun mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama baik Kanwil Agama Provinsi Papua, juga 29 Kemenag Kabupaten/Kota, lembaga Perguruan Tinggi IAIN Fattahul Muluk, STAKPN Burere Sentani dan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Papua, untuk memberikan dukungan penuh dalam program Kita Cinta Papua sehingga umat beragama dapat semakin merasakan manfaatnya.

Artikel Terkait

Adanya Monumen ZIKUB, Menag Harap Dapat Memperkokoh Kerukunan di Papua

Jems

Berhasil Jaga Kerukunan Umat Beragama, Bupati Tolikara Terima Penghargaan

Bams

Lewat Audensi, Kanwil Kemenag Minta Dukungan DPR Papua

Tiara

Jadi Peserta Termuda, ‘Gunawansa Rasakan Manfaat Diklat Virtual’

Arafura News

10 Imbauan Bersama Kemenag dan MUI Kota Jayapura

Zulkifli

Persiapan Penyelenggaraan Haji Provinsi Papua Mengalami Penyesuaian

Zulkifli

Kementerian Agama Merauke Telah Laksanakan Seleksi Petugas Haji

Arafura News

Tokoh Agama Diminta Jangan Hanya Bicara Tapi Beri Contoh

Arafura News