Pasific Pos.com
Papua Selatan

Kementerian Agama Merauke Telah Laksanakan Seleksi Petugas Haji

Kantor Kementerian Agama Merauke
Nampak depan Kantor Kementerian Agama Merauke (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Kasi Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merauke, Dikriwati mengemukakan bahwa rekrutmen petugas haji telah dilaksanakan pada Bulan Februari 2020 lalu yang terdiri dari Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi, petugas khusus Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI).

Adapun dari tahapan seleksi yang telah dilaksanakan di tingkat kabupaten, ada tiga orang yang berhasil lulus dari ketiga unsur tersebut dan sudah dilaporkan ke pihak Kanwil untuk selanjutnya dapat mengikuti rekrutmen tingkat provinsi.

“Hanya saja pada seleksi di provinsi yang dipanggi hanya satu orang, yaitu untuk PPIH saja. Sedangkan untuk TPHI dan TPIHI tidak dipanggil lagi karena kuota yang dibutuhkan sudah terpenuhi dari Jayapura.

Untuk PPIH yang lolos hingga ke provinsi atas nama Susanto (Kepala KUA) yang langsung mengikuti seleksi dan hasilnya sudah dikirimkan hingga ke tingkat pusat namun sampai sekarang belum ada pengumuman hasilnya,”ujar Dikriwati kepada ARAFURA News di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pengumuman direncanakan akan disampaikan pada bulan ini atau April mendatang. Khusus untuk TPHI dan TPIHI sudah diumumkan lebih dulu dan para petugas telah mengikuti pelatihan di Makassar.

Dijelaskan, peserta seleksi merupakan pegawai Kantor Kementerian Agama Merauke yang beragam Islam dan memang sudah ditetapkan dalam DIPA hanya 20 orang yang bisa mengikuti.

Adapun sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta seleksi antara lain harus bertitel sarjana, mampu berbahasa Arab, mampu berbahasa Inggris dan masih banyak lain persyaratan penting lainnya. Para petugas yang lolos nantinya akan bertugas selama musim haji tahun ini dan untuk tahun selanjutnya akan kembali dilakukan rekrutmen baru.

Artikel Terkait

TNI AL Gelar Serbuan Vaksin Maritim Di Perbatasan Timur Indonesia

Arafura News

Operasi Bibir Sumbing Gratis Turut Warnai Pembentukan KBN

Arafura News

Program Jumat Bersih Terus Berjalan

Arafura News

Salah Satu Terduga Teroris Pernah Ingin Tinggal Di Masjid

Arafura News

Tanamkan Kesadaran, Babinsa Ini Rangkul Warga Binaan

Arafura News

Warga Pintu Air Dapat Bantuan Dari Danramil

Arafura News

Paguyuban Otomotif Deklarasi Dukung PON XX

Arafura News

Unmus Gelar Rakor Terkait Uji Komprehensif PPG

Arafura News

Efraim: Misa Masih Berjalan Normal

Arafura News