Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

KM Gunung Dempo Tiba Jumat, Angkut Penumpang ke Tujuan Ini

KM Gunung Dempo
KM Gunung Dempo saat sandar di Pelabuhan Jayapura.

Jayapura – Kepala PT Pelni Cabang Jayapura, Harianto Sembiring mengatakan, KM Gunung Dempo tiba di Pelabuhan Jayapura pada Jumat (19/6/2020) dengan perkiraan kedatangan pukul 07.00 WIT, dan akan meninggalkan Pelabuhan Jayapura pukul 10.00 WIT.

Menurutnya, ini pertamakali KM Gunung Dempo kembali membawa penumpang dari dan keluar Jayapura sejak ditutupnya akses keluar masuk orang melalui pelabuhan laut tiga bulan lalu oleh Pemerintah Provinsi Papua akibat adanya wabah virus corona atau Covid-19.

Sebelumnya, kapal penumpang Pelni KM Dobonsolo telah lebih dulu membawa penumpang dari dan keluar Jayapura pada Selasa lalu sebanyak 1.046 orang.

“Tetapi berbeda dengan KM Dobonsolo, KM Gunung Dempo hanya membawa 750 orang dari Pelabuhan Jayapura lantaran kapal ini tidak memiliki ruangan penyimpan kendaraan. Jadi selama ini hanya mengangkut logistik dan penumpang (orang), sehingga kuota untuk penumpang hanya 50 persen dari kapasitas normal 1.500 orang,” kata Harianto melalui sambungan telepon, Rabu (17/6/2020) malam.

Dia menyampaikan bahwa tiket akan dicetak apabila calon penumpang telah melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan Pemerintah Provinsi Papua lantaran saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.
Dia juga mengingatkan bahwa akan ada pemeriksaan ulang di Pelabuhan Jayapura sebelum penumpang naik ke kapal. “Pemeriksaan akan dilakukan oleh petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),” ucapnya.

Adapun rute pelayaran KM Gunung Dempo dari Pelabuhan Jayapura yaitu Manokwari, Sorong, Namlea, Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Artikel Terkait

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams

Kantor Pemerintahan di Papua Harus Bebas Dari Covid-19

Bams