Pasific Pos.com
Headline Lintas Daerah

KKJB Mimika Serahkan Bantuan dan Bangun 20 Unit Hunian Sementara Untuk Korban Erupsi Semeru

KKBJ Kabupaten Mimika melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Lumajang sebelum menyerahkan bantuan.

Mimika – Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKBJ) Kabupaten Mimika pada Sabtu (18/12) kemarin menyerahkan bantuan berupa peralatan rumah tangga dan satu kontainer air kemasan untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Selain itu, KKJB Kabupaten Mimika juga membantu pembangunan satu klaster atau sebanyak 20 unit hunian sementara di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro dan Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo.

Penyerahan bantuan oleh Ketua 1 KKJB Mimika, Imam Mawardi yang diterima secara simbolik oleh Wakil Bupati Lumajang, Hj. Indah Amperawati Asdar disaksikan oleh Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob di Pendopo Rumah Dinas Wakil Bupati Kabupaten Lumajang.

Dalam penyampaiannya, Ketua 1 KKJB Mimika, Imam Mawardi mengungkapkan, secara keseluruhan bantuan yang diserahkan lebih dari Rp 252 juta rupiah.

Menurutnya, dana sebesar itu merupakan donasi yang berhasil dikumpulkan oleh Panitia KKJB Peduli Semeru dari masyarakat Kabupaten Mimika selama 3 hari kegiatan.

“Ini adalah bentuk komitmen KKJB Mimika dalam misi kemanusiaan di Indonesia, karena setiap terjadi musibah termasuk erupsi Gunung Semeru di Lumajang, kami selalu turun ke jalan untuk mengumpulkan donasi dari warga,” ujarnya.

Terkait jenis bantuan yang diserahkan, Imam menjelaskan hal itu berdasar dari hasil koordinasi tim pendahuluan yang dipimpin oleh Sekretaris Umum KKJB Mimika, Mustofa dengan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Indra Wibowo.

“Dalam koordinasi itu ada beberapa poin yang disampaikan ke kami diantaranya bahwa bantuan lebih dititikberatkan pada penanganan pasca tanggap darurat terutama untuk pembangunan Huntara dan juga pemenuhuban kebutuhan peralatan rumah tangga serta peralatan mandi,” ujarnya.

Berdasar rekomendasi itu Tim KKJB Peduli Semeru kata Imam akhirnya memutuskan untuk mengalokasikan dana yang ada untuk pembangunan hunian sementara sebanyak 20 unit atau senilai Rp 190 juta atau setara dengan Rp 9,8 juta per unit.

“Selain itu, kita juga menyerahkan bantuan peralatan rumah tangga berupa kompor gas, regulator serta peralatan dapur serta peralatan mandi senilai lebih dari 50 juta rupiah,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Mimika, Johanes Rettob yang mendampingi KKJB Mimika serta beberapa organisasi kemasyarakatan dari Kabupaten Mimika untuk menyerahkan bantuan menyatakan,. Pemda Kabupaten Mimika sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh warga masyarakat di Mimika.

“Saya kesini menemani teman-teman dari KKJB Mimika dan paguyuban lainnya untuk menyerahkan sumbangan dari masyarakat Mimika. Disini kita diterima oleh ibu Wakil Bupati Lumajang,”kata Wabub John, saat ditemui di Lumajang Sabtu (18/12/2021).

Wabup John mengatakan, bantuan kemanusiaan dari seluruh masyarakat Kabupaten Mimika yang disalurkan melalui KKJB Mimika serta paguyuban warga lainnya.

“Masyarakat Mimika memberikan bantuan melalui organisasi dan kelompok masyarakat yang dikoordinir oleh KKJB yang kemudian sudah kita serahkan disini.Sumbangan ini merupakan sumbangan masyarakat Mimika,”kata John.

Kedatangan dirinya bersama ketua ketua paguyuban,ingin melihat secara langsung situasi dan kondisi warga yang terdampak erupsi gunung Semeru.

“Masyarakat Mimika banyak orang Lumajang dan sekitarnya,sehingga kita wajib bersama sama melihat situasi ini.Kita ada disini, bencana yang terjadi ini memang luar biasa dan saya kira kita ikut perihatin. Mari kita berdoa untuk bencana ini bisa teratasi,”kata John.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Lumajang, Ir Hj Indah Amperawati Masdar, menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika, KKJB Mimika dan seluruh masyarakat Kabupaten Mimika yang telah peduli dan ikut berempati atas musibah erupsi Gunung Semeru.
“Terimakasih tak terhingga kepada Masyarakat Kabupaten Mimika, atas empatinya kepeduliannya atas rasa kemanusiaan. Kita ini Indonesia, dari Sabang sampai Merauke datang ke Lumajang, hampir semua provinsi datang, hampir semua kabupaten kota datang ke Lumajang. Luar biasa masyarakat Indonesia, kita ini satu,”kata Wabub Indah.