Pasific Pos.com
Info Papua

Kadisorda : Venue Bersifat Sementara Disiapkan Jelang PON

Venue pon papua
Alexander Kapisa

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua optimis pembangunan venue PON XX Papua akan selesai dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Walaupun saat ini adanya wabah virus corona, tetapi proses pengerjaan tetap berlangsung. Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa, kepada wartawan di Jayapura, Senin, 11 Mei 2020.

Alexander menjelaskan, persiapan venue terbagi dalam tiga kategori, pertama, pembangunan venue permanen, venue yang direnovasi dan venue yang sifatnya sementara (temporary).

Kadisorda menyebutkan, venue yang bersifat temporary baru disiapkan menjelang pelaksanaan PON Papua pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Jadi, beberapa venue yang disebutkan masih nol persen itu memang benar, tetapi kita belum bisa bangun saat ini karena, nanti dibangun jelan PON, karena venuenya bersifat sementara,” katanya.

Ia menyebutkan, venue-venue tersebut seperti arena paralayang, selam perairan dan venue Layar, nanti mungkin dibangun awal tahun 2021 baru mulai dikerjakan,” katanya.

Secara keseluruhan untuk 37 cabang olahraga, kata Alex, beberapa venue akan rampung dalam waktu dekat ini. Ia menyebutkan, venue yang dibangun baru maupun yang sifatnya rehap itu progresnya sudah 90 persen.

Seperti GOR Cenderawasih Jayapura direhap dalam dua tahap, dan saat ini sedang dalam pekerjaan arsitekturnya.

“Nanti kita akan bertemu dengan PB PON apakah nanti venue yang sifatnya sementara ini menjadi tanggungjawab dari Dinas Olahraga atau PB PON,” tuturnya.

Saat ini, kata dia, venue yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga progresnya sangat baik.

Seperti venue dayung, panahan dan sepatu roda, pekerjaan baru mulai dikerjakan. “Sampai saat ini semua progress pekerjaan venue jalan seperti biasa, untuk venue yang dibiayai APBD Provinsi rata-rata progres sudah 90 persen,” ucapnya.

Artikel Terkait

Aziz Syamsudin : Venue Kriket PON XX Perlu Banyak Pembenahan

Bams

Kunjungi Venue, TD Softball dan Baseball TD Berikan Rekomendasi

Bams

Biaya Perawatan Venue PON Papua Rp 85 Miliar per Tahun

Bams

Jefri Abel : Venue Sepatu Roda PON Berstandar Internasional

Bams

Kementerian PUPR Siap Diserahkan Empat Venue PON ke Pemda Papua

Bams

Bulan Depan, Empat Venue APBN Diserahkan ke Provinsi Papua

Bams

Venue Futsal di Mimika yang Rusak Diperbaiki

Bams

12 Venue PON XX Rampung Direnovasi

Bams

4 Venue PON XX Dibangun Januari 2021

Bams