Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Kadinkes : Pasien Covid Tanpa Gejala Dapat Isolasi Mandiri di Rumah

Dinkes Papua Terapkan 5 Hal
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes.

JAYAPURA, – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes mengatakan sesuai anjuran badan kesehatan dunia, WHO, oleh karena itu dihimbau agar para pasien Covid-19 di Provinsi Papua yang tidak bergejala dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Tetapi itu atas izin keluarga dan pasien itu, apa dia bisa isolasi mandiri di rumah dengan SOP. Namun jika pasien dan keluarganya tidak bersedia, maka kami akan lakukan isolasi atau karantina terpusat dan penanganan yang disiapkan pemerintah seperti di Hotel Sahid. Sebab rumah sakit kita di wilayah Kota Jayapura sudah penuh dengan angka pasien kita yang masih terus naik,” ujar Robby, Senin (29/06/2020).

Menurut Robby, berdasarkan hasil pengamatan, banyak pasien Covid-19 di Papua yang tidak bergejala, umumnya tidak menularkan kepada keluarganya. Hal itu yang membuat pihaknya mendorong opsi penanganan pasien dengan cara isolasi mandiri di rumah.

“Ya kan selama ini ada juga yang sudah dirawat dengan isolasi mandiri di rumah. Mereka senang-senang saja. Tim kesehatan tentu akan intervensi dan pantau mereka selama dua minggu,” katanya.

“Yang dibutuhkan itu pentingnya imunitas tubuh untuk melawan virus corona dan kondisi psikologis yang baik, hindari stress dan jaga suasana hati tetap gembira dan berpikir positif,” katanya.

Robby bersyukur atas angka kesembuhan Covid di Papua yang kini mencapai 50 persen atau 841 orang per 28 Juni 2020. Ia mengapresiasi kinerja petugas medis yang telah bekerja keras membantu penyembuhan ini.

Artikel Terkait

Pemprov Papua Kembali Perpanjang Masa Relaksasi Hingga 31 Juli

Tiara

Sempat Jadi Zona Hijau, Merauke dan Supiori Kini Jadi Zona Merah

Bams

Masih Ada Pedagang Yang Tidak Menggunakan Kartu Tanda Pengenal

Fani

Tiga Kabupaten di Papua “Zero” COVID-19

Bams

Pasien Sembuh Covid-19 di Papua Meningkat, Kasus Meninggal jadi 18 orang

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Kinerja Tim Covid-19

Bams

DPPAD Papua lakukan Rapid Test COVID-19 bagi ASN

Bams

Rapid Test Atlet Peparnas Papua Negatif

Bams

Pasar Youtefa Ditutup Selama Tiga Hari, Ini Penjelasan Kadisperindagkop

Zulkifli