Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Kadinkes : Pasien Covid Tanpa Gejala Dapat Isolasi Mandiri di Rumah

Dinkes Papua Terapkan 5 Hal
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes.

JAYAPURA, – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes mengatakan sesuai anjuran badan kesehatan dunia, WHO, oleh karena itu dihimbau agar para pasien Covid-19 di Provinsi Papua yang tidak bergejala dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Tetapi itu atas izin keluarga dan pasien itu, apa dia bisa isolasi mandiri di rumah dengan SOP. Namun jika pasien dan keluarganya tidak bersedia, maka kami akan lakukan isolasi atau karantina terpusat dan penanganan yang disiapkan pemerintah seperti di Hotel Sahid. Sebab rumah sakit kita di wilayah Kota Jayapura sudah penuh dengan angka pasien kita yang masih terus naik,” ujar Robby, Senin (29/06/2020).

Menurut Robby, berdasarkan hasil pengamatan, banyak pasien Covid-19 di Papua yang tidak bergejala, umumnya tidak menularkan kepada keluarganya. Hal itu yang membuat pihaknya mendorong opsi penanganan pasien dengan cara isolasi mandiri di rumah.

“Ya kan selama ini ada juga yang sudah dirawat dengan isolasi mandiri di rumah. Mereka senang-senang saja. Tim kesehatan tentu akan intervensi dan pantau mereka selama dua minggu,” katanya.

“Yang dibutuhkan itu pentingnya imunitas tubuh untuk melawan virus corona dan kondisi psikologis yang baik, hindari stress dan jaga suasana hati tetap gembira dan berpikir positif,” katanya.

Robby bersyukur atas angka kesembuhan Covid di Papua yang kini mencapai 50 persen atau 841 orang per 28 Juni 2020. Ia mengapresiasi kinerja petugas medis yang telah bekerja keras membantu penyembuhan ini.

Artikel Terkait

Pemerintah Percepat Pembangunan Kesehatan Nasional Sampai Ujung Negeri

Bams

Bakohumas Harus Mampu Memberikan Layanan Informasi Secara Aktif Kepada Masyarakat

Bams

Menko PMK : Penyaluran Bansos di Papua Melalui PT Pos Indonesia

Bams

RSUD Jayapura Jadi Rumah Sakit Rujukan PON XX

Bams

Kasus Corona Terus Naik, Ini Imbauan Pemerintah Papua

Bams

BPK Akan Audit Dana Covid-19, Bupati Keerom Siap Kawal Hingga Akhir

Bams

25 Persen ASN Papua Terpapar Corona

Bams

Peserta Peresmian Venue PON Wajib Miliki Kartu Bebas Covid-19

Bams

Wagub : Tak Taat Protokol Kesehatan, Calon Kepala Daerah Didiskualifikasi Saja

Bams