Pasific Pos.com
Headline

Gubernur Papua Serahkan VSAT di Biak Numfor

Biak – Guna mempercepat penetrasi Internet di Papua, dalam kunjungan kerjanya di Pulau Numfor, Kabupaten Biak Numfor, Penjabat (Pj) Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun menyerahkan VSAT untuk empat lokasi di wilayah setempat, Sabtu (25/4/2024).

Penyerahan VSAT tersebut, melalui program penyediaan sarana prasarana informasi publik pada Dinas Kominfo Papua tahun anggaran 2024.

Penjabat Gubernur Ridwan, mengatakan untuk membangun Papua membutuhkan kerja bersama dalam semua sektor, termasuk didalamnya penguatan akses internet. Pihaknya pun menyampaikan terima kasih bagi instansi terkait yang telah memprakarsai upaya percepatan penetrasi internet di seluruh Bumi Cenderawasih.

Sementara Pemda Biak Numfor menerima penyedian akses internet (VSAT 6 Mbps) sharing publik untuk 4 lokasi, yakni Puskesmas Saribi (Pulau Numfor), SMP N 1 Kameri (Pulau Numfor), SMP N 2 Padaido dan VSAT M-Internet Dinas Kominfo Biak.

Kepala Dinas Kominfo Papua, Jeri A. Yudianto mengatakan bantuan internet yang diberikan bertujuan mendukung layanan literasi digital di wilayah setempat.

“Intinya bantuan yang diserahkan Kominfo Papua untuk mendukung percepatan penetrasi Internet di Papua, dengan lokus utama tempat atau fasilitas publik yang belum terjangkau fixed broadband oleh operator. Sekaligus untuk melengkapi program yang ada dari pusat.”

“Tapi nanti khusus di kota Jayapura, penyediaan akses internet melalui Wi-Fi gratis, akan menyasar di kampung-kampung dan tahun ini dialokasikan di Kampung di Skow, Yoka serta Nafri. Selain Kayu Pulo, Enggros dan Tobati yang sudah eksisting dari beberapa tahun lalu. Termasuk memfasilitasi beberapa rumah ibadah, seperti di Kantor Klasis Jayapura,” tandasnya.