Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Dukung Vaksin Covid-19 Dinkes Tolikara gelar Sosialisasi

Karubaga – Dalam rangka mendukung persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui Dinas Kesehatan mengelar Sosialiasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, dengan melibatkan Kepala Puskesmas dan staf serta tenaga medis lainnya. Sosialisasi itu digelar sehari di Aula Dinkes Tolikara di Karubaga, Sabtu, 20 Februari 2021 lalu.

Sosialisasi Vaksin tersebut dipandu Kepala Dinas Kesehatan Tolikara Alsen Genongga, melalui Sekretaris Legion Yikwa didampingi dokter Briand sugito.

Legiun Yikwa menjelaskan bahwa sosialisasi terkait program vaksinasi Covid-19 sudah disampaikan secara luas oleh Pemerintah Pusat melalui Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 secara masif melalui media massa.

“Kami paham ada beberapa informasi yang mungkin masih sulit dimengerti masyarakat luas, karenanya sosialisasi ini terus menerus akan dilakukan sampai masyarakat paham dengan baik”,” ujarnya.

Dikatakannya, prioritas penerima vaksin Covid-19 ditujukan kepada tenaga medis dan staf Dinas Kesehatan Tolikara. Selain itu juga kepada orang yang belum pernah terpapar Covid-19 untuk memperoleh kekebalan kelompok atau herd immunity. Kekebalan kelompok tersebut didapat melalui individu-individu yang mendapat vaksinasi.

“Dalam masa pandemi untuk membentuk kekebalan kelompok tidak harus memvaksinasi seluruh individu, karena tidak semua individu bisa divaksinasi seperti mereka yang memiliki masalah kesehatan”. Kata Legiun Yikwa.

Menurutnya Indonesia sendiri melaksanakan vaksinasi dengan memprioritaskan kelompok masyarakat tertentu,yang memiliki risiko tertular Covid-19 lebih tinggi dari pada lainnya, dan tentunya memenuhi syarat. Jika melihat angka efikasi 65,3 persen adalah hasil dari uji klinis. Dan efektivitas vaksin ini akan diketahui setelah dilakukan pemantauan efek perlindungannya di masyarakat yang divaksinasi dalam kurun waktu tertentu.

“Herd immunity akan tercapai apabila penularannya menurun terus menerus sampai sangat minimal atau tidak ada sama sekali,” jelasnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Legion Jikwa mengatakan menurut rencana dalam waktu dekat Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara akan mengirim Tim Kesehatan Ke Wamena Kabupaten Jayawijaya untuk mengikuti Pelatihan menjadi Vaksinator. Usai Pelatihan Tim Kesehatan akan kembali ke Tolikara untuk memberikan vaksinasi kepada Tenaga Kesehatan saja. Baik itu kepala Puskesmas dan juga semua staff Sedangkan untuk umum akan dilaksanakan setelah Kami melewati vaksinasi tahap pertama dan tahap kedua bagi tenaga kesehatan.

Legion Yikwa menghimbau kepada Warga Tolikara kita jangan berlengah dimasa Pandemic Covid-19 ini. walapun saat ini kabupaten Tolikara masih dalam sona hijau. Tetapi kita perlu mengambil tindakan pencegahan.

Sementara itu, Dokter Briand Sugito menjelaskan tujuan Vaksinasi ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap wabah Virus Corona Covid-19. Vaksinasi ini hanya dapat diberikan kepada tim kesehatan pada tahap pertama dan kedua setelah itu pada tahap berikut diberikan kepada orang yang belum pernah terpapar Virus Corona yang berusia diatas 18 s/d 59 Tahun. Hal ini dilakukan karena berdasarkan penelitian, usia 18 s/d 59 Tahun yang lebih mudah terserang Virus Corona.

Artikel Terkait

Seribu Lebih Warga Tolikara Telah Disuntik Vaksin Covid-19

Bams

Bupati Tolikara Kembangkan Kampung Agrowisata Terpadu

Bams

Pemkab Tolikara Imbau Warga Jaga Fasilitas Palapa Ring

Bams

Nota Keuangan Raperda APBD Tolikara Tahun Anggaran 2021 Diserahkan

Bams

Bupati Ingatkan ASN Tolikara Tidak Tambah Libur Natal dan Tahun Baru

Bams

Bupati Usman Wanimbo lantik sejumlah pejabat RSUD Karubaga

Bams

Optimalkan Pelayanan Publik, Bupati Tolikara Lantik Sejumlah Pejabat

Bams

Waket I DPRD Tolikara Sayangkan Sikap OPD Yang Tak Pernah Hadir Dalam Sidang Paripurna

Tiara

Sidang Perubahan APBD 2020 Tolikara Resmi Ditutup

Tiara