Pasific Pos.com
Lintas Daerah Olahraga

Dukung PON XX di Mimika, PLN: Infrastruktur Kelistrikan Telah Siap

PLN berkomitmen untuk menyukseskan PON XX Papua yang akan dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021.

Mimika – PLN berkomitmen untuk menyukseskan PON XX Papua yang dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021 mendatang. Hal ini dibuktikan dengan selesainya pekerjaan infrastruktur kelistrikan PLN di Mimika satu bulan menjelang kegiatan berlangsung.

Sebelumnya, PLN berhasil menyelesaikan pekerjaan pemasangan 6 unit Load Break Switch (LBS) Three Way di 6 lokasi venue. Ini merupakan pekerjaan infrastruktur kelistrikan terakhir di sisi PLN dalam persiapan PON XX Papua di Mimika.

“Infrastruktur kelistrikan di sisi PLN untuk PON XX Papua di Mimika telah selesai 100%. Pada prinsipnya kami siap menyukseskan pelaksanaan PON XX Papua nanti,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid, Kamis (2/9/2021).

Dalam proses pekerjaan persiapan PON XX Papua di Mimika, PLN berhasil menyelesaikan infrastruktur kelistrikan di 8 venue pertandingan dan 3 fasilitas pendukung PON.

Di antaranya Media Center, Gedung Kesekretariatan dan Wisma Atlet. Kedelapan venue pertandingan tersebut, yakni GOR Futsal SP5, GOR Biliar SP5, GOR Aeromodelling, GOR Panjat Tebing, GOR Emeneme Yauware, Mimika Sport Complex, Lapangan Sepak Bola SP1, dan Kantor Bupati.

Sementara itu, daya mampu pembangkit listrik Sistem Mimika mencapai 36,7 MW, beban puncak saat ini sekitar 25 MW. Dengan jumlah tersebut menyisakan cadangan daya sebesar 11,7 MW.

“Kami telah menyelesaikan pekerjaan (kelistrikan) di setiap venue serta lokasi strategis lainnya. Kebutuhan daya untuk PON berkisar 2,637 MW, sehingga suplai dari pembangkit listrik kami masih aman,” ucap Farid.

Selain suplai pembangkit, di sisi jaringan kelistrikan, PLN terus berupaya memastikan kondisinya aman dan siap. PLN telah melakukan beberapa pembangunan dan perkuatan, antara lain pembangunan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM), Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Gardu Hubung, Gardu Distribusi, dan lain-lain.
“Selain itu, secara berkala PLN terus melakukan pemeliharaan jaringan listrik untuk memastikan jaringan yang ada dapat mengaliri listrik ke lokasi-lokasi dengan maksimal,” jelasnya.

Guna mengamankan kelistrikan saat berlangsungnya PON XX Papua di Mimika, PLN juga telah menyiapkan 23 Unit mobile genset kapasitas 100 kW, 200 kW hingga 500 kW.

Selain itu, 8 Unit Gardu Berjalan (UGB) dan 4 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile juga disiapkan.

“Peralatan ini digunakan sebagai backup dari jaringan utama. Tujuannya agar tidak ada padam sama sekali saat kegiatan dan pertandingan berlangsung,” tambahnya.

Kabupaten Mimika sendiri menjadi tuan rumah pertandingan 12 cabang olahraga pada PON XX Papua ini. Pertandingan yang akan dilangsungkan di Mimika, yaitu futsal, bola tangan, biliar, aeromodelling, panjat tebing, judo, tarung derajat, bola basket 5×5, bola basket 3×3, atletik, terbang layang dan terjun payung.

Setelah infrastruktur kelistrikan PON XX Papua di Merauke, Mimika dan Kota Jayapura selesai, PLN juga segera menyelesaikan pekerjaannya untuk lokasi Kabupaten Jayapura yang saat ini progresnya telah mencapai 99%. Ditargetkan pada minggu ini pekerjaan akan rampung. (Red)