Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Dihadapan Ribuan Pendukung, RHP Nyatakan Siap Jadi Ketua DPD Demokrat Papua Gantikan Lukas Enembe

Calon Ketua DPD Partai Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak dihadapan ribuan pendukungnya ketika menyampaikan hasil Musda ke-IV Partai Demokrat Provinsi Papua di lapangan depan Hotel Suni Garden Lake Sentani, Kabupaten Jayapura, akhir pekan kemarin. (foto Tiara).

Sentani – Usai terpilih sebagai Calon Ketua DPD Partai Demokrat Papua bersama dengan Lukas Enembe, SIP. MH Ricky Ham Pagawak, SH, M. Si langsung menemui ribuan masyarakat atau pendukungnya yang ada di lapangan depan Hotel Suni Garden Lake, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 19 Maret 2022.

Setelah berada dihadapan ribuan pendukungnya, militant Partai Demokrat Papua yang akrab disapa RHP ini dengan tegas mengatakan jika dirinya siap untuk menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Papua, menggantikan Lukas Enembe.

Apalagi tandas RHP, sudah 7 tahun lebih ia berjuang bersama dengan Partai Demokrat di Provinsi Papua.

“Itu terbukti saya bisa mencalonkan diri dan bisa mendapatkan dukungan 19 DPC, 1 dinyatakan tidak memenuhi syarat alias tidak punya hak suara karena bermasalah. Jadi, 18 DPC Partai Demokrat mendukung saya penuh,” tamdas RHP.

Untuk itu, hasil Musda IV DPD Partai Demokrat ini, akan dibawa ke Jakarta. Selanjutnya ia bersama Lukas Enembe akan mengikuti fit and propertest.

Diakui, dengan adanya dukungan 18 DPC Partai Demokrat itu, ia pun yakin bahwa Lukas Enembe akan legowo mempersiapkannya untuk memimpin DPD Partai Demokrat Provinsi Papua kepadanya.

Apalagi, ungkap Bupati Memberamo Tengah ini, dirinya sudah bekerja banyak untuk pribadi Lukas Enembe atau Gubernur Papua dan Partai Demokrat.

“Kabupaten yang saya pimpin kecil suaranya, tapi dua kali berturut-turut 100 persen untuk kaka Lukas Enembe di Provinsi Papua,” tekannya.

Bahkan RHP juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada para pendukungnya yang berasal dari lima wilayah adat dalam mendukungnya pada Musda IV ke – IV DPD Partai Demokrat Papua di Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Ini kerinduan masyarakat dari lima wilayah adat bahwa ada anak Papua yang menggantikan kaka Lukas Enembe lima tahun ke depan,” tandasnya RHP dihadapan ribuan masyarakat.

“Selain itu disini saya juga mau menggarisbawahi, dimana tadi beliau (Lukas Enembe) sampaikan dalam sambutan bahwa siap menggantikan saya menjadi gubernur ke depan. Ini yang benar, karena saya kader, saya mencalonkan diri, itu berarti saya. Masak orang yang datang, tidak mencalonkan diri, baru bilang saya. Kan saya yang ada,” sambung RHP dengan penuh percaya diri.

Pada kesempatan ini RHP juga menegaskan dengan adanya dukungan tersebut, maka kedepan ia telah siap mencalonkan diri sebagai Gubernur Papua.

“Mau jadi Gubernur, tidak boleh membeda-bedakan. Kalau membeda-bedakan, tidak usah jadi pemimpin. Saya sudah masuk ke seluruh pesisir dan kepulauan, pantai hingga gunung. Kenapa saya masuk, karena saya mau jadi pemimpin, supaya besok saya tidak jadi abunawas lagi,” cetusnya.

Untuk itu, tandas RHP, bahwa ia siap mencalonkan diri sebagai Gubernur Papua. Apalagi ia sudah ditetapkan sebagai calon Ketua DPD Partai Demokrat Papua dengan perolehan dukungan 18 DPC dari 29 DPC Partai Demokrat se Papua.

“Jadi, sekali lagi terima kasih untuk 18 ketua DPC. Mereka dukung saya bukan karena saya kasih uang. Tapi mereka dukung saya, karena selama ini mereka tahu Partai Demokrat ada dimana, saya taruh di kantor saya, rumah saya, lapangan terbang dan mobil setiap hari. Bapak ibu lihat to, mobil berlambang Partai Demokrat yang lalu lalang lewat siapa? Saya toh. Untuk itu, saya siap jadi ketua DPD,” tekannya.

Lanjut dikatakan, jika ingin jadi pemimpin, harus didukung oleh masyarakat dan memperhatikan masyarakat dengan baik.

RHP juga tekankan, jika partai berlambang Bintang Mercy itu masih ada di Tanah Papua dan ingin terus mempertahankan eksisteni partai untuk tetap ada warna biru di Papua dan tidak akan pernah pudar dan hilang ditelan masa.

Untuk itu, selaku kader yang menyatakan diri siap maju di Bursa Calon Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua periode 2022- 2027, Ricky Ham Pagawak pun mengungkapkan jika sebagai kader partai dirinya sudah disiapkan secara baik oleh senior-senior mereka didalam partai.

“Seperti apa yang sudah disampaikan oleh Kaka Lukas Enembe, kami sudah kaderkan kalian kalian jadi harus mampu memimpin sebuah partai. Pak Lukas Enembe setiap saat sampaikan saya sudah kaderkan kalian, saya sudah siapkan kalian, saya sudah bentuk kalian jadi sekarang kamu harus mampu memimpin untuk menjadi Ketua Demokrat dan juga mimipin Gubernur kedepan,” tutup RHP di tengah – tengah ribian pendukungnya.(Tiara)