Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Telkomsel Perkuat Pengalaman Digital Pelanggan

Jajaran manajemen Telkomsel Area Pamasuka saat konferensi pers. (Foto : Istimewa)

Jayapura – Telkomsel Area Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 8,10 persen dibandingkan hari biasa 2024, yang utamanya akan didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat.

Mulai dari online gaming sebesar 78,8 persen, communications 28,02 persen, video streaming 25,09 persen, social media 13,38 persen, sampai dengan e-commerce 11,37 persen.

Dibandingkan dengan momen RAFI tahun sebelumnya, Telkomsel pun memperkirakan kenaikan trafik mencapai 22,75 persen lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 13,56 PB (Peta Byte) untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua pada puncak RAFI tahun ini.

Vice President Area Network Operations Telkomsel Area Pamasuka, Andrias Indra, mengatakan, sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, Telkomsel berkomitmen memastikan pengalaman digital pelanggan yang berkesan selama momen RAFI 2024 melalui kesiapan infrastruktur konektivitas broadband inovatif dengan jangkauan terluasnya.

“Telkomsel akan terus menghubungkan negeri agar para pelanggan bisa merayakan moment kebersamaan dalam merayakan bulan Ramadan dan menjalin silaturahmi lebih erat dengan kerabat, keluarga, maupun kolega hingga momen Idulfitri nanti. Selamat menjalankan ibadah puasa, dan semoga bersama kita mendapatkan keberkahan sebesar-besarnya sepanjang bulan suci tahun ini,” kata Andrias Indra dalam konferensi pers secara hybrid, Senin (1/4/2024).

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen RAFI 2024, Telkomsel Area Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 72 titik keramaian di berbagai wilayah di Pulau Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Titik keramaian tersebut, sebut Andrias, mencakup 38 area khusus pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya, 8 area transit transportasi yaitu, bandara, pelabuhan, dan stasiun, 13 wilayah residensial, 2 jalur mudik termasuk Rest Area dan SPBU, serta 11 kawasan ibadah masjid dan rumah ibadah lainnya.

“Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 48 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 90 persen wilayah populasi di Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024,” pungkasnya.