Pasific Pos.com
Olahraga

Target 3 Emas, Atlet Terjun Payung Papua dari Korps Kopasus

Atlet Terjun Payug Papua
Pelatih Terjun Payung Papua, Suwiqnyo

Jayapura – Cabang Olahraga Terjun Payung Papua memasang target tiga medali emas pada Pekan Olahraga Nasioanal (PON) XX Papua 2021 mendatang. Atlet Papua pada cabang olahraga ( cabor ) terjun payung bukanlah atlet biasa, melainkan anggota Korps baret merah (Kopasus)

Pelatih Terjun Payung Papua, Suwiqnyo, menyatakan, target tiga medali emas tersebut sesuai dengan hasil evaluasi pada pra kualifkasi PON di Manado, Sulawesi Utara tahun 2019 lalu.

“Pra kualifikasi di Manado tahun lalu, kita dapat lima medali perak dan satu perunggu, makanya PON XX kita pasang target tiga medali emas,” katanya kepada pers disela-sela pertemuan dengan Komandan Lanud Silas Papare Jayapura Marsma TNI Budhi Achmadi, M.Sc, selaku ketua Federasi Aero Sport Indonesia Daerah (Fasida) Papua, akhir pekan kemarin.

Ia mengatakan, sebanyak 12 atlet putra dan putri yang dipersiapkan untuk mengikuti PON XX Papua. “Atlet ada 12 orang, mereka saat ini sedang melakukan pemusatan latihan di Jawa Barat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan corona virus,” paparnya.

Coach Suwiqnyo mengaku, dari enam nomor pertandingan yang akan dipertandingan pada PON, ada dua nomor yang menjadi target Papua merebut medali emas, yakni nomor kerja sama di udara (Skydive Formation) maupun ketepatan mendarat.

Dia membenarkan, seluruh atlet terjun payung Papua merupakan Prajurit TNI dari Korps Kopasus. “Kalau atlet Papua memang anggota TNI semuanya, mereka anggota kopasus,” tegasnya.

Ia menjelaskan, kondisi atlet seluruhnya dalam keadaan yang prima. Fisik atlet pun tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja, para atletnya kini membutuhkan perlengkapan latihan. “kami sudah ajukan ke KONI, kita masih menunggu, mudah-mudahan dalam waktu dekat semua kebutuhan bisa dipenuhi,” tandasnya.

Terkait dengan venue di Mimika, dirinya mengungkapkan butuh dukungan dari ketua Fasida untuk para atlet bisa segera melakukan latihan. “Kalau untuk venue pertandingan nanti kita belum tahu keadaanya. Tapi, untuk kondisi udara secara keseluruhan di Papua, kita sudah ketahui,” jelasnya.

Artikel Terkait

Atlet Jenuh, KONI Belum Izinkan Cabor Try Out

Bams

Asa Kemampuan, Atlet Muaythai Papua Uji Coba di Jawa Timur

Bams

Sebelum Masuk Penampungan, Atlet PON Papua Bakal Jalani Tes Kesehatan

Bams

Futsal PON Papua Kaget Main di Lapangan Standart

Pasific Pos

Pengurus Koni dan Atlet Papua Jalan Sehat Meriahkan Hari Olahraga Nasional

Bams

445 Atlet PON Papua Siap Huni Wisma Atlet

Bams

Minim Peralatan, Atlet Perbasasi Mengadu ke Puslatprov Papua

Bams

Tiga Atlet Softball PON Papua Dapat Beasiswa

Bams

Puslatprov Koni Papua Kunjungi Atlet PON

Bams