Pasific Pos.com
Info Papua

Selandia Baru Lanjutkan Program Pembangunan di Papua

Jayapura – Duta Besar Selandia Baru, Kevin Jeffrey Burnett melakukan pertemuan dengan Plt Asisten Bidang Pemerintah Sekda Papua, Yohanes Walilo, membahas program kerja yang telah dikerjakan.

Kepada wartawan usai Kevin Burnett senang bisa bertemu dengan perwakilan Pemprov Papua, dan mendapatkan informasi mengenai program unggulan Papua.

“Senang dapat melakukan diskusi dengan jajaran pemerintah Provinsi Papua, Kami dapat informasi banyak tentang program-program unggulan yang telah dilakukan oleh pemerintah dan kami juga menjajaki kemungkinan Kerjasama yang dapat membantu Pembangunan di Papua,” terang Kevin Burnet kepada pers di Kantor Gubernur, Jl. Soa Siu Dok II, Kota Jayapura, Rabu (7/2/2024).

Selain menjajaki program Kerjasama yang akan dilanjutkan di tahun ini, pemerintah selandia baru juga akan menyediakan program beasiswa, pemberdayaan ekonomi perempuan Papua dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (ASN), serta akses ke air bersih.

“Indonesia dan Selandia Baru memiliki hubungan bilateral yang sangat baik. Komponen utama dari kerja sama antara kedua negara adalah program pembangunan. Kami senang bahwa sebagian dari program pembangunan kami itu, dilakukan di Papua. Kami berharap Pemprov Papua bisa melakukan kunjungan ke selandia baru untuk membicarakan kelanjutan dari program kerja sama di 2024,” harapnya.

Sementara itu, Yohanes Walilo menyambut baik tawaran kerja sama Pemerintah Selandia Baru kepada pemda Papua. Namun, pihaknya tetap mendorong agar kerja sama tersebut, diselaraskan dengan program dari Pemerintah Pusat lewat Bappenas RI.

“Kita banyak diskusi, Dubes menyampaikan kenapa Selandia Baru senang datang ke Indonesia, khususnya Papua untuk melakukan kerja sama? Karena ada kesamaan kultur antara Papua dan Selandia Baru. Ada tawaran kerja sama di bidang ekonomi, mereka ingin pemberdayaan untuk mama Papua dari sisi ekonomi kreatif. Ada pula penawaran untuk bidang pendidikan, tapi peningkatan SDM ASN untuk beasiswa S2 dan S3. Tapi semua yang dikerjasamakan itu juga tidak bisa terlepas dari program nasional yang direncanakan melalui Bappenas,” tandasnya.