Pasific Pos.com
Headline

Sekolah Negeri di Papua Dilarang Pungut Biaya Pendaftaran

Sekolah Negeri di Papua Dilarang Pungut Biaya
Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait

Jayapura – Sekolah Negeri di Provinsi Papua dilarang untuk melakukan pungutan biaya pendaftaran siswa baru.

Penegasan itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait kepada pers di Jayapura, Kamis, 11 Juni 2020.

Sementara untuk sekolah swasta, memang ada otonomi sekolah namun tetap diatur oleh pemerintah, tidak bisa mengatur diri sendiri,” katanya.

Menurut Christian, pihaknya sudah dua kali melakukan sidak ke sekolah yang tengah menyelenggarakan penerimaan siswa baru.

“Dalam sidak ini, kami mengecek ke masing-masing pengelola sekolahnya, apa saja persyaratan dalam penerimaan siswa barunya dan biaya apa saja yang dibebankan kepada orang tua murid,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada sidak tersebut, dalam banyak persyaratan serta jumlah pungutan yang dilakukan, pihaknya meminta agar segala sesuatunya disederhanakan.

“Yang jelas di sini sekolah negeri dilarang melakukan pungutan, sedangkan sekolah swasta dapat memungut biaya namun tetap harus sesuai dengan aturan pemerintah,” katanya lagi.

Dia menambahkan untuk sekolah swasta, masih diperbolehkan memungut biaya dalam penerimaan siswa baru karena pemerintah memberi dana terbatas pada sekolah-sekolah swasta tersebut.

Artikel Terkait

Perkenalan Sekolah di Papua secara Online

Bams

284 Siswa Adem Kembali ke Papua

Bams

Dinas Pendidikan Kerjasama Dengan Uncen Selesaikan Grand Desain Pendidikan Papua

Bams

UN 2020 Ditiadakan, Papua Tunggu Mekanisme dan Aturannya

Bams

Dinas Pendidikan Lakukan Penyemprotan Desinfektan Cegah Virus Corona

Bams

Didik Siswa SMK, Dinas Pendidikan Bekerjsama Dengan PT PLN

Bams