Pasific Pos.com
Headline

Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit Kodim Jayapura Bersinergi Lakukan Karya Bakti

Anggota Kodim 1701/Jayapura bersama instansi terkait tengah membersihkan sampah.

 

 

Jayapura – Untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan wabah penyakit, Kodim 1701/Jayapura bersinergi dengan instansi terkait terus melaksanakan karya bakti di berbagai tempat baik itu sungai, selokan, pasar dan lokasi-lokasi umum yang merupakan daerah padat penduduk.

Kali ini Kodim 1701/Jayapura menggelar karya bakti secara serentak di 2 tempat, yaitu di sepanjang Sungai Kali Acai Abepura Kota Jayapura dan Kompleks Pasar Lama Sentani Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/12/2023).

Aksi karya bakti ini melibatkan sekitar 400 orang dari seluruh stakeholder terkait yaitu dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah baik Kota maupun kabupaten, organisasi kemasyarakatan seperti BMP (Barisan Merah Putih), KNPI Papua, FKPPI Papua, LMRRI Papua, BUMN serta masyarakat setempat.

Kepala Staf Kodim 1701/Jayapura Letkol Arm Mustafa Lara, S.T., M.IP., mewakili Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Hendry Widodo dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan pada hari ini merupakan karya bakti membersikan sampah-sampah yang berada di sekitar masyarakat.

“Yang mana pembersihan kita fokuskan di Kali Acai Kota Jayapura tetapi juga di kawasan Pasar Lama Sentani Kabupaten Jayapura,” katanya.

“Tujuan kegiatan ini adalah mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit di wilayah kita. Saya berharap dalam pelaksanaan kegiatan ini kita laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga apa yang kita kerjakan selesai dengan hasil yang maksimal dan tidak lupa saya sampaikan kepada para anggota sekalian untuk memperhatikan faktor keamanan,” tambahnya.

Lebih lanjut Kasdim Jayapura juga menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Kali Acai agar tidak membuang sampah sembarangan sehingga diharapkan sungai tersebut dapat mengalir dengan lancar, bersih dari sampah-sampah dan bebas dari sumbatan.

“Melalui kegiatan karya bakti pembersihan ini, diharapkan akan tercipta aliran sungai yang lancar dan lingkungan yang lebih bersih, serta pada gilirannya dapat mengurangi potensi banjir. Keterlibatan semua pihak dalam kegiatan ini, dapat menjadi contoh nyata semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan di wilayah,” tutup Kasdim Jayapura.

Sementara itu di tempat terpisah Sentani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Abdurahman Basri, S.Sos, M.KP., memberikan apresiasi atas terselenggaranya karya bakti ini.

“Saya mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan kita di hari ini, dimana kita sudah peduli dengan lingkungan kita. Saya berharap agar kegiatan seperti ini akan dilaksanakan secara terus-menerus apalagi ke depan kita akan menyongsong Natal dan Tahun Baru,” ujar Abdurahman.

“Semoga kegiatan karya bakti ini dapat menginspirasi warga sekitar untuk turut serta menjaga kebersihan di sekitarnya dan melakukan tindakan nyata dalam mencegah bencana banjir,” pungkas Abdurahman.

 

Artikel Terkait

HUT Ke-45, SMPN 2 Sentani Gelar Lomba Fashion Show Daur Ulang

Jems

Datangi TPS 040 Dobonsolo, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Salurkan Hak Pilih

Jems

Ini Imbauan KPID Kepada Media dan Masyarakat Papua pada Pesta Demokrasi Besok

Jems

Tegas, Ondoafi Phuyaka Ingatkan Caleg Non OAP untuk Tidak Menggunakan Money Politik

Jems

Tunjang Operasional Kampus dan Panti Asuhan, Partai NasDem Serahkan 3 Unit Bus Sekolah

Jems

Gelar Turnamen Catur, Ruddy Bukanaung: Ini Ajang Silaturahmi Dengan Pecatur Kabupaten Jayapura

Jems

Komitmen Ruddy Bukanaung Penuhi Permintaan Pedagang Sayur Furia

Jems

Raih Dukungan Suara, Ruddy Bukanaung Gencar Lakukan Tatap Muka Bersama Masyarakat Dapil II

Jems

Temui Warga Kampung Kensio, Ruddy Bukanaung Mohon Doa dan Dukungan

Jems