Pasific Pos.com
Headline

Puji Kapolda Papua, Mantan Pimpinan OPM: Irjen Fakhiri Number One

Mantan Panglima tinggi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) wilayah Victoria, Lambert Pekikir (Foto Dok.MDF).

 

 

Jayapura – Mantan Panglima tinggi Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) wilayah Victoria, Lambert Pekikir memuji sosok Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri yang dinilainya berhasil menjaga situasi keamaan di Papua dan terus menunjukan keberpihakan kepada masyarakat.

Lambert menilai keberpihakan Irjen Fakhiri juga memiliki perhatian khusus kepada generasi muda Papua, khususnya orang asli Papua dan anak-anak para ondofolo atau kepala suku dalam penerimaan anggota Polri sangat tepat dan patut didukung seluruh masyarakat Papua dimanapun.

“Saya ucapkan banyak terima kasih, selama kepemimpinan Kapolda Fakhiri membuat situasi Tanah Papua aman, damai dan tertib. Itu sangat luar biasa. Kalau orang Papua Nugini bilang number one,” kata Pekikir di Keerom, Senin (27/5/2024).

Meskipun ada kekhususan, Pekikir tetap meminta kepada jenderal bintang dua tersebut, untuk tetap memperhatikan anak-anak asli Papua yang ingin menjadi anggota polisi.

“Berikan peluang sebesar-besarnya kepada anak-anak Papua dalam tes-tes berikutnya. Artinya untuk anak-anak Papua diprioritaskan lebih khusus anak-anak perbatasan Kabupaten Keerom,” katanya.

Sementara kepada anak-anak Papua, Lambert Pemikir berpesan untuk tidak mengabaikan kriteria maupun aturan yang sudah ditetapkan dalam penerimaan polisi.

Ia menegaskan, jangan karena merasa anak kepala suku, anak kepala kampung, dan anak kepala distrik akhirnya mengabaikan semua persyaratan yang sudah ditentukan.

“Cobalah untuk bersaing lewat mekanisme dan aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak Polri dalam program penerimaan 2.000 anggota Polri. Jadi jaga kesehatan dan jangan terlibat dengan hal-hal yang melanggar hukum seperti mengkonsumsi minuman keras, narkoba dan lainnya sehingga bisa diterima di institusi kepolisian Republik Indonesia,” imbau Pekikir.

Sebelumnya beberapa tokoh masyarakat juga sudah memberikan apresiasi kepada sosok Irjen Fakhiri. Salah satunya adalah Ketua Barisan Merah Putih Republik Indonesia, Max Abner Ohee.

Max mengatakan selama menjabat sebagai Kapolda, Irjen Fakhiri adalah pemimpin yang hebat, luar biasa dan dahsyat. Selain itu, beliau adalah sosok yang pemberani, dan suka membangun sumber daya manusia (SDM) Papua.

“Itu sangat kami apresiasi, sebab di era kepemimpinan Irjen Fakhiri banyak keberpihakan kepada para generasi muda di Papua, terlebih anak asli Papua untuk menjadi Polisi. Kapolda-kapolda sebelumnya tidak pernah memperhatikan hal itu. Tetapi Fakhiri selalu memberikan ruang dan prioritas kepada anak-anak kepala suku,” ujarnya.

Bahkan ia menyuarakan bila sosok Irjen Fakhiri dianggap pantas apa bila masuk dalam bursa Calon Gubernur Papua.

“Intinya beliau sangat layak dan dibutuhkan, apalagi beliau dasarnya adalah seorang Polisi sehingga soal disiplin pasti ada. Dengan begitu pembentukan generasi Papua ke depan akan sangat baik di setiap bidang masing-masing,” tegasnya.

Artikel Terkait

Peduli, Irjen Fakhiri Bantu Korban Kebakaran di Sentani

Jems

Sejumlah Tokoh Dukung Irjen Fakhiri Maju Pilgub Papua

Jems

Irjen Fakhiri Dinilai Terbukti Membangun SDM Hingga Pendekatan yang Mengayomi Masyarakat

Jems

Sosok Benyamin Arisoy di Mata Irjen Fakhiri: Beliau Sederhana dan Bertanggungjawab Dengan Tugas yang Diberikan Pimpinan

Jems

Jadi Polisi, Bripda Lince Hubi Contoh Nyata Perhatian Irjen Fakhiri Kepada Anak Panti

Jems

Sisi Lain Irjen Fakhiri di Mata Ajudan Pribadi: Disiplin, Tidak Pilih Kasih, Rela Berkorban dan Tidak Membedakan Jabatan

Jems

Momen Haru Pertemuan Irjen Fakhiri Dengan Sosok Balita Bernama Martha

Jems

Cerita Irjen Fakhiri Saat SMA, Jalan Jauh Hingga “Leften”

Jems

Peringatan Hardiknas Ingatkan Kenangan Irjen Fakhiri Saat Masa Sekolah di Pedalaman

Jems