Pasific Pos.com
Lintas Daerah

PLN Mimika Telah Siapkan Mekanisme Listrik Gratis

Cara Akses Token Listrik Gratis
Cara Akses Token Listrik Gratis

Mimika, – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Timika telah menyiapkan mekanisme dan prosedur terhadap layanan pembayaran listrik gratis bagi konsumeb 450 VA.

Program ini merupakan dukungan atas kebijakan pemerintah pusat terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Saat ini jumlah pelanggan di UP3 Timika yang mendapat diskon R1/450 ada 3.998 pelanggan dan R1/900 VA sebanyak 406 pelanggan untuk masa berlaku selama tiga bulan sejak April hingga Juni 2020.

Hal ini diungkapka Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Hotman Ambarita melalui press releasenya.

“Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni,” ungkapnya.

Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

“Diskon tarif yang diberikan untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50%. Sementara, bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir,” jelasnya.

Lanjutnya, mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi bisa melalui website www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.

Setelah itu, masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

“Bisa juga mengakses melalui whatsapp ke nomor 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. Token gratis akan muncul, pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran sesuai dengan ID Pelanggan. Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir,” imbuhnya.

Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini dilaksanakan bertahap, sejak 1 April dan paling lambat 11 April, seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut.

Artikel Terkait

PLN Manokwari Siagakan 118 Personil Jaga Pasokan di Tengah Pandemi Corona

Zulkifli

PLN Siapkan Mekanisme 6 Bulan Listrik Gratis bagi Pelanggan Bisnis dan Industri Kecil

Zulkifli

Kasad Terima Audiensi dari PLN, Bahas Bantuan Untuk Bangun Perumahan Prajurit

Fani

PLN Siapkan Layanan WhatsApp untuk Lapor Meter Mandiri

Zulkifli

Power Beyond Generations, Cara PLN Layani Masyarakat

Zulkifli

PLN Beri Stimulus Listrik kepada 121.394 Pelanggan di Papua dan Papua Barat

Zulkifli

PLN Jayapura Launching dan Energized Pelanggan Potensial

Zulkifli

Begini Cara Akses Token Listrik Gratis

Zulkifli

24 Juta Pelanggan 450 VA Bebas Tagihan Bertahap Mulai 1 April 2020

Zulkifli