Pasific Pos.com
Info Papua

PON XX, PLN Jamin Pasokan Listrik

pon xx PLN Jamin Pasokan Listrik

JAYAPURA – PT PLN (Persero) menjamin pasokan listrik selama berlangsungnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Beberapa langkah pun sudah dilakukan oleh PLN Papua. Mulai dari pemeliharaan jaringan hingga menjaga pasokan listrik agar tetap aman.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua & Papua Barat, Abdul Farid, usai menerima kunjungan kerja tim PB PON Papua, Kamis (24/9/2020), mengatakan, kebutuhan pasokan listrik di empat wilayah pelaksanaan PON, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke sangat mencukupi.

“Kami juga sedang berupaya membangun jaringan kabel bawah tanah, supaya pasokan listrik di empat klaster yang menjadi tempat penyelenggaraan PON, tidak terganggu. Sebab kalau daya cukup itu belum aman. Makanya kami di Kota Jayapura ini contohnya, ada banyak sekali menanam kabel di dalam tanah. Sehingga diharapkan keandalan pasokan listrik ini saat PON meningkat,” ujarnya.

Farid menjelaskan, hal lain yang dilakukan PLN saat ini adalah menyiapkan antisipasi ketersediaan listrik lewat genset mobile yang nantinya ditempatkan di seluruh venue atau tempat penyelenggaraan iven PON.

Dengan demikian, beberapa skenario yang kita lakukan ini, PLN siap untuk mensukseskan PON XX di Bumi Cenderawasih.

Selain itu, PLN juga akan penyempurnaan sistim kelistrikan untuk perhelatan PON XX di Papua dengan dilakukan pengujian Mesin secara berkala dan terencana yang bertujuan untuk memastikan kehandalan sistem pada saat acara pembukan PON, juga perbaikan dan pemeliharaan jaringan distribusi serta peralatan lainnya guna melistriki venue, penginapan, dan sarana lainnya.

Namun demikian, dalam pembangunan infrastruktur jaringan kelistrikan di lokasi venue PON XX terdapat beberapa hambatan, seperti, pemalangan Penggalian untuk Kabel Tanah, Pemalangan Penggalian untuk Penanaman Tiang dan Pemalangan Perabasan dan Penebangan Pohon.

Sekretaris Umum (Sekum) PB PON Papua, Elia Loupatty mengapresiasi kinerja PLN dalam mempersiapkan jaringan listrik untuk kebutuhan iven empat tahunan itu pada tahun depan.

Oleh karenanya, pihaknya semakin yakin bahwa penyelenggaraan PON di Papua, bakal lebih semarak dan tak bakal mengalami gangguan apa pun dari segi ketersediaan pasokan listrik.

“Saya pikir PLN Wilayah Papua dan Papua Barat, cukup membahagiakan kami dalam paparannya dimana sudah memastikan pasokan listrik di 4 wilayah yang akan laksanakan PON cukup lalu ada peningkatan keandalan serta back up lewat genset mobile”.

“Karena itu, kami berterimakasih dan saya percaya lewat persentasi ini, kemudian upaya PLN di hari yang akan datang, kami tidak ragu dengan penyelenggaraan PON di setiap venue. Termasuk penyelenggaraan PON, tidak pengaruhi kebutuhan listrik di rumah tangga maupun toko-toko,” tandasnya.

Artikel Terkait

Yunus Wonda : Kita Ingin Buktikan Kepada Seluruh KONI se-Indonesia, Bahwa Papua juga bisa

Tiara

KONI Seluruh Indonesia Dukung PON XX Papua

Bams

Hitung Mundur PON 2021

Bams

Uncen Mendukung Suksesnya PON XX Papua

Bams

Ribuan Kontainer Angkut Logistik PON Papua

Bams

Tuan Rumah PON, PJSI Papua Tidak Ambisius Raih Banyak Emas

Ridwan

KONI Papua Utamakan PON

Pasific Pos

Siapkan Kebutuhan PON, Dinas Kelautan dan Perikanan Gelar Forum OPD

Bams

Peserta PON XX Diberikan Vaksin Corona

Bams