Pasific Pos.com
Papua Selatan

Paslon Diminta Hindari Kampanye Hitam

pilkada merauke
Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze saat melepas peserta konvoi (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA, – KPU Merauke Sabtu lalu menggelar deklarasi kampanye damai yang diikuti oleh ketiga paslon yakni Hermes, Hebat dan Romarin dalam bentuk konvoi dengan mengelilingi ruas jalan Kota Merauke hingga finish di Taman Mandala. Dalam kesempatan itu ketiga paslon juga membacakan ikrar secara bersama terkait komitmen untuk tetap menjaga kedamaian dan keamanan selama pelaksanaan tahapan Pilkada 2020. Dalam sambutannya, Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH mengharapkan agar para paslon menghindari kampanye hitam yang merendahkan pasangan lain, menghindari money politik, isu SARA serta berkomitmen untuk tetap menaati protokoler Covid 19.

“Kontestasi tentunya akan melahirkan pemenang dan siapapun yang terpilih pastinya adalah pemimpin kita bersama. Komitmen untuk siap kalah dengan terhormat dan tidak melakukan tindakan anarkis serta siap menang secara jujur dan bermartabat,”tegas Theresia. Lebih lanjut ia menyampaikan, KPU sebagai pihak penyelenggara mengharapkan agar Pilkada 9 Desember 2020 dapat berjalan dengan damai dan bermartabat. Oleh sebab itu demi mewujudkan hal tersebut, KPU meminta para paslon dan tim sukses dapat memanfaatkan momentum kampanye untuk saling beradu ide dan gagasan guna meyakinkan pemilih dan menyampaikan visi misi serta program yang ditawarkan kepada masyarakat.

Sesuai dengan PKPU 13 Tahun 2020 terkait pelaksanaan pemilihan serentak di tengah pandemi Covid 19 maka pelaksanaan kampanye dalam bentuk rapat umum ditiadakan dan lebih kepada pertemuan terbatas, tatap muka, dialog serta pemanfaatan media. Ia menambahkan, penyelenggaraan pesta demokrasi merupakan agenda 5 tahunan di daerah sebagai bentuk perwujudan kedaulatan rakyat bahwa kekuasaan sesungguhnya terletak di tangan rakyat. Rakyatlah yang akan menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin kita esok. KPU tetap berkomitmen mengawal dan memastikan seluruh tahapan Pilkada sesuai dengan ketentuan perundang-undangan maupun peraturan KPU yang berlaku.

Artikel Terkait

KAMMI Papua Selatan Kawal Pilkada Dengan Cermat

Arafura News

Ketua KPU Tegaskan Seluruh Tahapan Pedomani Protokol Covid 19

Arafura News

TNI Polri Amankan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon

Arafura News