Pasific Pos.com
Headline

Pangdam Cenderawasih : Selandia Baru Dukung Upaya Pembebasan Sandera Melalui Soft Approach

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menerima kunjungan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Mr. Kevin Jeffery Burnet, H.E. di Makodam Jayapura Papua, Rabu (7/2/2024).

Jayapura – Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menerima kunjungan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Mr. Kevin Jeffery Burnet, H.E. di Makodam Jayapura Papua, Rabu (7/2/2024).

Pangdam kepada pers menjelaskan kedatangan Mr. Kevin Jeffery Burnet, H.E dalam rangka ingin mengetahui tentang perkembangan pembebasan sandera Pilot Pesawat Susi Air, Capt. Phillip Mark Mehrtens yang sudah satu tahun dalam penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)

” Pihak Selandia Baru melalui Dubes menyampaikan 3 point. Point pertama adalah pUaya pembebasan sandera dengan mengedepankan soft approach,” Ujar Izak Pangemanan.

Dijelaskan pula bahwa Pemerintah Selandia Baru menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada Pemerintah Indonesia. Dubes Selandia Baru juga menyampaikan pesan khusus dari Pemerintah Selandia Baru yang mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Tanah Papua.

Pada keterangan persnya, Mayjen TNI Izak Pangemanan menegaskan, hingga saat ini kondisi sandera pilot Capt. Phillip Mark Mehrtens dalam keadaan baik dan sehat.

“Saat ini pilot dijaga ketat oleh Kelompok Bersenjata sehingga TNI sangat berhati-hati dalam mengambil solusi pembebasan,” Ujarnya.