Pasific Pos.com
Headline

Nasib PON Papua Menunggu Keputusan Presiden

PON Papua Menunggu Keputusan Presiden
Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alex Kapisa

JAYAPURA – Hingga saat ini Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 ditunda atau tidak masih menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alex Kapisa, ketika dikonfirmasi, Rabu (15/4/2020).

Menurutnya, dalam rapat kerja Komisi X dan Menpora, Selasa kemarin, melahirkan beberapa kesimpulan atau keputusan terkait dengan PON XX Papua.

Namun demikian, pihaknya belum bisa memberikan menjelaskan lebih jauh, pihak pemerintah Papua tidak hadir dalam rapat kerja tersebut.

“Kami hanya menyimak dari media dan ada beberapa anggota DPR RI yang meminta kepada Menpora agar PON dan Peparnas 2020 Papua ditunda, pada prinsipnya apa yang menjadi keputusan pemerintah pusat, Papua akan ikuti,” ungkapnya.

Dikatakan, jika PON mundur tahun 2021 pun Papua siap. “Jika PON mundur kita lebih siap lagi, karena semua venue akan rampung di bulan Juli mendatang,” ujar Alex.

Menurutnya, ada hikmah tersendiri jika PON nanti mundur tahun 2021, dimana, persiapan Papua menyambut pesta olahraga antar provinsi di tanah air itu akan leboh matang lagi.

Lebih lanjut kata Alex, untuk penanggulangan COVID-19 di Provinsi Papua, ada beberapa pos anggaran Dinas Olahraga dan Pemuda yang dipotong.

Jadi, ada pergeseran anggaran Dinas Olahraga yang awalnya untuk perlengkapan venue, volumenya anggaran dikurangi untuk membantu mengatasi corona di bumi Cenderawasih,” ucapnya.

Dikutip dari Tribunnews, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, menggelar rapat kerja dengan Komisi X DPR RI yang diketuai Syaiful Huda, Selasa (14/4/2020) malam.

Rapat Kerja yang dilakukan secara daring itu melahirkan kesimpulan atau keputusan. Satu di antaranya, anggota Komisi X DPR RI mendesak Menpora untuk menunda PON 2020.

Dimana, Komisi X DPRI RI mendesak Menpora RI untuk menuda pelaksanaa PON XX Tahun 2020 dan anggaran kepastian waktu, tanggal, bulan dan tahun penyeleggaraan dengan tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur PON XX dan terus memelilhara venue yang sedang dan telah dibangun dengan memperhatikan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Sebagai informasi, pelaksanaan PON XX Papua rencananya berlangsung pada 22 Oktober-2 November 2020.

Ada Empat kota/kabupaten penyelenggara, yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Artikel Terkait

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams

Kantor Pemerintahan di Papua Harus Bebas Dari Covid-19

Bams