Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Lintas Pemuda Kabupaten Jayapura Dukung Perpanjangan Jabatan Triwarno Purnomo sebagai Pj Bupati Jayapura

Nampak sejumlah elemen tokoh pemuda dan perempuan yang tergabung dalam Lintas Pemuda Kabupaten Jayapura ketika memberikan keterangan pers di salah satu Cafe Angkasa, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (7/11/2023).

 

 

Sentani – Berbagai komponen pemuda mendukung perpanjangan jabatan Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si. sebagai Penjabat (Pj) Bupati Jayapura. Dukungan para pemuda yang tergabung dalam lintas pemuda Kabupaten Jayapura diberikan menjelang berakhirnya masa jabatan Pj Bupati Jayapura pada 20 Desember 2023 mendatang.

Bukan tanpa alasan, selama memimpin Kabupaten Jayapura dalam jangka waktu hampir 1 tahun terakhir, sosok Triwarno Purnomo dinilai mampu membawa perubahan, perkembangan bahkan kemajuan daerah.

Apalagi, Triwarno Purnomo menunjukkan keberhasilan pembangunan di Bumi Khenambay Umbay selama menjabat sebagai Pj Bupati Jayapura.

“Kami dari elemen Lintas Pemuda Kabupaten Jayapura yang hadir ini, untuk memberikan dukungan penuh kepada kaka Triwarno selaku Pj Bupati Jayapura, guna terus melanjutkan hingga selesainya pelaksanaan pesta demokrasi dan bahkan sampai selesainya pelantikan kepala daerah (Bupati) definitif yang akan dipilih di 2024,” kata tokoh pemuda Kabupaten Jayapura Jhon Mauridz Suebu dalam jumpa persnya di Cafe Angkasa, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (7/11/2023).

Dikatakan Mauridz, alasannya mendukung Triwarno Purnomo tetap lanjut sebagai Pj Bupati Jayapura karena menurutnya, Alm. bapak Habel Melkias Suawe (HMS) sudah membangun, bapak Mathius Awoitauw menikmati dan kehadiran dari kaka Triwarno itu merenovasi atau sedang mencuci sejumlah piring kotor.

“Faktanya, semua publik bisa melihat bahwa ada sejumlah tempat seperti jalan yang menuju ke Depapre, ke Genyem maupun tempat lainnya dari bupati sebelumnya itu tidak pernah selesaikan, namun hanya seorang Pj Bupati yang mampu untuk melakukan. Meskipun itu bukan tugasnya, tetapi dia mempunyai sebuah kepedulian yang besar terhadap masyarakat Kabupaten Jayapura. Sehingga mendorong hal-hal itu untuk terus dilakukan selama dia menjabat sebagai Pj Bupati,” sebutnya.

Pria yang juga sebagai sekretaris Forum Peduli Kemanusiaan (FPK) Kabupaten Jayapura ini juga memiliki catatan yang sangat panjang terhadap persoalan di Kabupaten Jayapura. Dimana semua publik di daerah ini, tahu pada 16 Maret 2019 lalu terjadi sebuah bencana alam yang begitu besar.

Namun sampai saat ini masyarakat belum pernah tahu berapa besar sumbangan kemanusiaan sejak terjadinya hingga selesainya (pasca) banjir bandang dan longsor.

“Kemudian, pemerintah daerah juga mendapat dana hibah dari pusat sebesar 275 miliar. Kami dari elemen masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli Kemanusiaan (FPK) melakukan sejumlah aksi-aksi demo damai hingga sempat memboikot pusat kantor pemerintahan di daerah ini. Walaupun desakan masyarakat itu sudah diakomodir, tetapi tidak sesuai dengan yang diharapkan hingga saat ini,” kata Mauridz.

JMS menuturkan, banyak pertimbangan yang harus dijadikan acuan untuk memperpanjang masa jabatan Pj Bupati Jayapura, yakni wujud nyata pembangunan yang dapat dilihat dari capaian kerja Triwarno selama ini.

“Diantaranya seperti peningkatan pelayanan publik, pengendalian inflasi daerah, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan aspek pemerintahan. Dari semua itu, sebagian besar kelompok masyarakat Kabupaten Jayapura juga masih menginginkan kepemimpinan Triwarno Purnomo, karena dinilai sangat jelas dalam melakukan pembangunan,” katanya.

Kemudian pada aksi demo 23 Februari 2023 lalu, pihaknya meminta kepada Pj Bupati untuk membuka diri dan memberikan kewenangan terhadap pihak terkait seperti Polri, BPK maupun KPK, guna melakukan audit keuangan Pemda Kabupaten Jayapura, dan itu terwujud.

Oleh sebab itu, dirinya sebagai pemuda Sentani sangat mengharapkan seluruh masyarakat agar dapat memberikan dukungan kepada Pj Bupati Triwarno.

Alasannya, karena disaat kepemimpinan dari Mathius Awoitauw tidak pernah merespon sama sekali aspirasi dari masyarakat dalam setiap aksi-aksi yang dilakukan untuk membuka diri memberikan kewenangan kepada pihak terkait untuk membersihkan persoalan-persoalan ini.

“Hanya di kepemimpinan kaka Tri sebagai Pj Bupati yang bisa membuka diri. Untuk itu, kami memberikan dukungan penuh kepada kaka Tri untuk melanjutkan jabatan sebagai Pj Bupati Jayapura,” tegas Mauridz.

Senada dengan itu, Rony R. Majuntu selaku perwakilan dari Paguyuban Porodisa Talaud mengapresiasi kinerja Pj Bupati sekaligus mendukung kepemimpinan beliau diperpanjang hingga 2024.

“Kami sepakat dengan apa yang sudah disampaikan oleh teman-teman pemuda lain. Kehadiran pak Triwarno sebagai Pj Bupati ini sangat luar biasa sekali dan membuat perubahan di Kabupaten Jayapura walaupun ada berbagai masalah yang sudah terjadi dan ditinggalkan oleh kepala daerah sebelumnya,” katanya.

“Kalau hari ini ada banyak hal maupun indikasi yang kita lihat, saya menduga ada oknum-oknum tertentu yang sengaja menjadikan masalah akhir-akhir ini sebagai alasan untuk mengganti Pj Bupati,” sambungnya.

“Dengan kehadiran pak Triwarno ini, kami merasa sudah sangat luar biasa sekali. Dalam pandangan kami, maka kami minta kepada Mendagri untuk memperpanjang masa jabatan Pj Bupati Jayapura hingga terpilihnya kepala daerah definitif pada 2024,” pinta Rony menambahkan.

Sementara itu, Menasse Bernard Taime selaku Tokoh Pemuda Kabupaten Jayapura meminta kepada pihak-pihak yang selama ini sibuk dan selalu menyerang Triwarno Purnomo agar diganti atau dicopot oleh Mendagri sebagai Pj Bupati Jayapura untuk berhenti.

“Jadi kepada pihak-pihak yang sibuk mencari kesalahan pj Bupati, kami minta mulai hari ini untuk stop (hentikan). Karena kehadiran Triwarno Purnomo di daerah ini untuk membawa keharmonisan antara masyarakat dengan pejabat yang ada di daerah ini,” tegasnya.

 

Artikel Terkait

Danlanud Silas Papare Apresiasi Pj Bupati: Ini Bukti Kita Berkolaborasi, Bersinergi untuk Memajukan Jayapura

Jems

Buka Baku Timba Fest Dirgantara – Hari Kebangkitan Nasional, Pj Bupati Jayapura Apresiasi Danlanud Silas Papare

Jems

Buka TMMD Ke- 120, Bupati Triwano Purnomo Apresiasi Kodim 1701/ Jayapura

Jems

Pemuda Panca Marga Dan UICI Sosialisasikan kampus Digital Pertama

Jems

Sekretaris DAS Moi Minta Mendagri Tidak Melanjutkan Kepemimpinan Triwarno Purnomo

Jems

Tegas, DPRD Akan Sampaikan Mosi Tidak Percaya ke Pj Bupati Jayapura

Jems

Ondoafi Dondai dukung Triwarno Purnomo Lanjutkan Jabatan Pj Bupati Jayapura

Jems

Bupati Triwarno Perintahkan Satpol PP Berkoordinasi dengan Bawaslu

Jems

41 Orang Asli Papua Diberikan Pelatihan Diksar Satpam, Bupati Triwarno: Saya Apresiasi Kegiatan ini

Jems