Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

FDS XIV Diharapkan Dapat Meningkatkan Ekonomi OAP Kabupaten Jayapura

Nampak Pembukaan FDS XIV Tahun 2024 yang ditandai dengan penabuhan Tifa oleh Pj Gubernur Papua yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Provinsi Papua Yohanis Walilo dan diikuti unsur Forkompimda Provinsi Papua, di Kawasan Wisata Pantai Khalkote, Kampung Asei, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu, (19/6/2024).

 

 

Kabupaten Jayapura – Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Papua, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Provinsi Papua Yohanis Walilo menghadiri sekaligus membuka Festival Danau Sentani (FDS) ke- XIV Tahun 2024, yang berlangsung di Kawasan Wisata Pantai Khalkote, Kampung Asei, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (19/6/2024).

Pembukaan Festival Danau Sentani (FDS) XIV 2024 ditandai dengan penabuhan Tifa yang diikuti oleh unsur Forkopimda Papua.

Yohanis Walilo berharap FDS ke- XIV 2024 tersebut dapat meningkatkan ekonomi Orang Asli Papua (OAP) di Kabupaten Jayapura.

“Kami dari Pemprov Papua berharap kegiatan budaya dan kesenian ini tetap dipertahankan, untuk menjaga keaslian warisan guna diberikan kepada generasi selanjutnya,” kata Yohanis Walilo ketika membacakan sambutan Penjabat (Pj) Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun pada pembukaan FDS XIV Tahun 2024.

Menurutnya, FDS merupakan ajang untuk memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Tentunya dengan kegiatan rutin seperti ini, maka akan menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang dan menyaksikan langsung event FDS ini. Sehingga akan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat,” nilainya.

Yohanis juga menjelaskan pihaknya sangat mendukung Festival Danau Sentani (FDS) maupun kegiatan serupa yang ada di kabupaten/kota di Papua, karena akan mendukung industri pariwisata di daerah ini.

“Kami mau sampaikan bahwa kegiatan ini juga mampu menggerakkan ekonomi lokal dengan penjualan berbagai produk, kerajinan tangan dan kuliner khas Papua yang dilakukan oleh masyarakat asli Kabupaten Jayapura,” katanya.

Selain itu, dirinya menambahkan tentunya festival seni dan budaya seperti ini akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Papua maupun Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan melalui Festival Danau Sentani (FDS), maka budaya dan kesenian masyarakat di daerah ini dapat terekspose secara luas, baik di dalam maupun luar negeri.

“Kami juga sangat mengharapkan kegiatan ini sebagai sarana untuk masyarakat Papua di sini meningkatkan perekonomian dengan berbagai kuliner dan kerajinan tangan yang dibuat untuk menjadi oleh-oleh pengunjung,” harap Triwarno Purnomo dalam sambutannya.

Untuk itu, Orang Nomor Satu di Kabupaten Jayapura ini pun berharap FDS dapat kembali masuk dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, sehingga dapat merangsang perekonomian masyarakat Papua yang ada di Kabupaten Jayapura.

 

Artikel Terkait

Lancarkan Kedatangan Presiden di VIP Bandara Sentani, Lanud SPR Siapkan Sejumlah Pengamanan

Jems

Pilkada Gubernur Papua 2024, Irjen Fakhiri Nyatakan Siap Bersaing

Jems

Rangkaian Peringatan Hari Bhakti TNI AU, Lanud Silas Papare Gelar Serbuan Teritorial

Jems

Rangkaian Peringatan Hari Bakti TNI AU ke -77 Tahun, Danlanud SPR Ajangsana ke Panti Asuhan dan Pondok Pesantren

Jems

Bupati Triwarno Purnomo Launching Layanan CT Scan dan Poli Jantung RSUD Youwari

Jems

Bendera Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter Berkibar Megah di Bukit Tungkiwiri

Jems

Peringati HUT RI, Kodam XVII/Cenderawasih Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1.000 Meter

Jems

Ribuan Masyarakat Antusias Sambut Panggung Prajurit, Irjen Fakhiri: Saya Tahu Masyarakat Jayapura Haus Akan Hiburan

Jems

Inisiasi Panggung Prajurit, Irjen Fakhiri Dipuji Masyarakat: Beliau Sosok Pemimpin yang Memahami Kemauan Rakyat

Jems

Leave a Comment