Pasific Pos.com
Headline Kabupaten Jayapura

Libatkan ABG dan TI Terintegrasi, Diskominfo Kabupaten Jayapura Raih TOP Digital Awards 2022

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon (kiri ketiga) saat mewakili Pemkab Jayapura menerima penghargaan "TOP Digital Awards 2022” yang dihelat majalah ItWorks, bekerjasama dengan sejumlah  Asosiasi TI & TELCO Indonesia di Raffles Hotel Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Jakarta –  Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon mewakili Pemkab Jayapura menerima penghargaan “TOP Digital Awards 2022” yang dihelat majalah ItWorks, bekerjasama dengan sejumlah  Asosiasi TI & TELCO Indonesia di Raffles Hotel Jakarta, Kamis (15/12/2022).

Gustaf Griapon dalam rilisnya yang diterima harian ini mengatakan keberhasilan Pemkab Jayapura meraih penghargaan Top Digital Awards 2022 dikarenakan upaya yang dilakukan pihaknya yang tidak kenal lelah dalam memajukan Kabupaten Jayapura serta atas kolaborasi dengan melibatkan berbagai kalangan ABG dan TI Terintegrasi.

“Dalam upaya memajukan Kabupaten Jayapura, kami secara rutin menggelar diskusi dengan melibatkan berbagai kalangan ABG (Akademisi, Bisnis, Government/Pemerintahan). Dengan ketiga komponen tersebut, kami membangun harmonisasi, sinergitas dan kerjasama yang saling menguntungkan,” ungkap Gustaf Griapon.

Dikatakan sejak tahun 2017 pihaknya menjalankan kegiatan dengan berbagai komunitas di bidang Pariwisata, UMKM, Ekonomi Kreatif di tingkat Kecamatan atau Distrik.

“Contohnya, membentuk Kelompok Sadarwisata yang melakukan berbagai kegiatan dan memetakan berbagai potensi wisata unggulan yang dimiliki Kabupaten Jayapura tapi juga mendorong UMKM dengan produk unggulannya agar dapat berbicara di tingkat lokal, nasional bahkan global.”ujar Gustaf.

“Jadi untuk menampilkan seluruh daerah pariwisata dan berbagai produk unggulan yang berasal dari Kabupaten Jayapura, dengan pembinaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kami buatkan sebuah portal yang kaya informasi,” katanya.

Tidak berhenti disitu, dalam upaya memajukan kabupaten yang terdiri dari 19 Distrik di Provinsi Papua ini, pihaknya juga menjalankan pemanfaatan Teknologi Informatika (TI).

“Layanannya terpusat di Distrik atau Kecamatan, dalam bentuk layanan Dukcapil seperti pembuatan KTP Elektronik; dan Perpajakan atau Bappenda.” Kata Gustaf.

Pihaknya Juga, kata Gustaf membangun Pusat Informasi Daerah dalam bentuk portal Kabupaten Jayapura dan portal informasi OPD. Sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat, melalui Kemenpan RB, pada 9 Februari 2022, Kab. Jayapura telah membangun pusat implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dengan demikian, SPBE Pemkab Jayapura secara terintegrasi meliputi layanan, antara lain pengadaan barang dan jasa pemerintahan secara elektonik, aplikasi kinerja pegawai (SIMPEG, E-APARATUR), SIMDA terkait BPKP, SIPPT terkait pertanahan, OSS terkait perizinan, dan pelayanan Kependudukan Dukcapil.

“Kami membangun TIK di Kabupaten Jayapura dengan terintegrasi. Harus pandai-pandai saling bersinergi antar OPD, seperti dalam pembiayaan, agar pembangunan di daerah ini bisa tercapai dengan baik dan perekonomian masyarakat pun dapat terangkat pula,” pungkas Gustaf Griapon.

 

Artikel Terkait

Tahun ini Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Kembali Terapkan Absensi Fingerprint

Jems

PT Pegadaian Sentani Gandeng Diskominfo Kabupaten Jayapura Sosialisasi Manfaat Program Pegadaian

Jems

Temui KI Papua, Diskominfo Dorong Keterbukaan Informasi Distrik dan Kampung

Jems

Kunjungi Kementerian Kominfo, Gustaf Griapon: Komunikasi Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Lebih Diperkuat

Jems

Jalin Kerjasama, Diskominfo Kabupaten Jayapura Kunjungi Kantor Pasific Post

Jems