Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

Legislator Papua Sikapi Proses Pilkada dan Pilgub Yang Dibahas di Pusat

papua Butuh Kualitas SDM
Anggota DPR Papua, Natan Pahabol.
“Semu Regulasi Tidak Bisa Disamaratakan Dengan Provinsi Lain”

 

Jayapura – Anggota DPR Papua, Natan Pahabol menyikapi proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pilgub yang sedang dibahas di DPR RI

Menurut Politisi Partai Gerindra ini, bahwa, Papua sebagai daerah berstatus dengan Otonomi Khusus (Otsus), maka semua regulasi tidak bisa disamaratakan dengan provinsi lain.

“Misalnya pemilihan Gubernur dan Bupati di tahun 2022, 2023, 2024 lalu dilaksanakan. Kami dengar bahwa di Aceh saja akan dilaksanakan sesuai tahun diatas sebab daerah khusus. Jadi kalau bgitu untuk Papua juga harus sama dengan Aceh, sebab statusnya sama-sama Otsus,” kata Natan Pahabol dalam pesan singkatnya kepada Pasific Pos, Kamis (18/2).

Untuk itu, tandas Natan Pahabol, Pemerintah Provinsi (Pemprov) segera menyampaikan maksud ini ke pusat agar tidak serta merta ikut saja.

“Pemilihan harus segera dilakukan sebab kalau diisi dengan karateker maka itu semakin parah. Sebab karateker cuma untuk 3-6 bulan saja untuk isi kekosongan bukan lebih 6 bulan atau 1 tahun. Sebab fungsi tugas karateker dengan bupati definitif pasti beda,” tandasnya.

Apalagi ungkap legislator Papua ini, ada banyak masalah di daerah sehingga perlu pemimpin pilihan yang tepat yang bisa memimpin daerahnya dengan baik. Karena pasti ada banyak masalah.

“Jadi harapanya pilkada di Papua harus jalan sesuai tahun diatas seperti di Aceh, sebab status kami Otsus dan perlu ada kekhususan karena tidak semua regulasi sama untuk kami iikuti,” tegas Natan Pahabol.

Artikel Terkait

Lukas Enembe Lantik Empat Bupati Terpilih Pilkada 2020

Bams

Rabu, 5 Bupati dan Wakil Bupati di Papua Dilantik

Bams

Legislator Ingatkan, Masyarakat Pilih Calon Kepala Daerah Yang Anti Korupsi

Tiara

Pantau Pilkada, Komnas HAM Bantuk TIM

Ridwan

Sesuai TR Kapolri, Kapolda Papua Ingatkan Personilnya Netral Di Pilkada

Ridwan

Ilham Saputra : 85 Persen Kita Siap Laksanakan Pilkada

Arafura News

22 ASN Papua Langgar Netralitas Pilkada

Bams

Wakapolda : Koordinasi Baik Diharap Ciptakan Pilkada Yang Aman

Arafura News

Jelang Pilkada, Ketua DPD Gerindra Papua Sudah Lakukan Road Show di Enam Kabupaten

Tiara