Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Kodim Jayapura Panen Padi Bersama Gapoktan dan Poktan Koya Barat

Nampak Dandim 1701/Jayapura, Kolonel Inf Richard Arnold Y. Sangari (tengah) saat melakukan foto bersama Kapolsek Muara Tami Kompol Junan Plitomo, Danramil Muara Tami, Kapten SN Wijaya, Kepala Distrik Muara Tami, Reuter Sabarofek, Pejabat  Kodim 1701/Jayapura, Gapoktan Langgeng Jaya dan Poktan Adil Makmur di sela-sela panen padi di Kelurahan Koya Barat, Kamis (10/11/2022).

Jayapura – Kodim 1701/Jayapura bersama Gapoktan Langgeng Jaya dan Kelompok Tani (Poktan) Adil Makmur melakukan panen bersama budidaya tanaman padi di Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Kamis (10/11/2022).

Hadir dalam Panen padi tersebut Dandim 1701/Jayapura, Kolonel Inf Richard Arnold Y. Sangari Kapolsek Muara Tami, Kompol Junan Plitomo, Danramil Muara Tami, Kapten SN Wijaya, Kepala Distrik Muara Tami, Reuter Sabarofek, Pejabat Kodim 1701/Jayapura dan beberapa perwakilan petani.

Kepada harian ini, Dandim Richard mengungkapkan panen padi diatas lahan satu (1) hektar itu merupakan program unggulan Kodim 1701/Jayapura.

“Jadi kegiatan ini, masuk dalam program triwulan Kodim untuk mentriger petani terkait dengan ketahanan pangan. Karena wilayah kita disini pangan utamanya adalah padi sehingga yang kita dorong disini tanaman padi,”kata Dandim Richard usai melakukan panen bersama.

Lebih lanjut kata Dandim, dikarenakan fokus pangannya adalah tanaman padi sehingga pihaknya mengadakan kerjasama dengan Gapoktan, Poktan dan PPL. “Jadi kita ajak mereka untuk mari kita sama-sama membuat terobosan,”ujarnya.

Menurutnya, keterlibatan Gapoktan, Poktan dan PPL sangat dibutuhkan dalam mensukseskan program ketahanan pangan. “Karena kegiatan ketahanan pangan ini,harus kita laksanakan terus-menerus dan kita harapkan petani harus bangkit secara ekonomi,” harap Dandim.

Sementara itu, Suparto selaku Ketua Gapoktan Langgeng Jaya Kelurahan Koya Barat mewakili Poktan Adil Makmur menilai hasil panen hari ini kurang dari cukup.

“Artinya seperti yang disampaikan bapak Dandim tadi, perlu adanya motivasi kembali seperti inovasi baru dalam proses penanaman padi. Sehingga kedepannya, hasil panen yang kita dapatkan bisa lebih dari yang kita dapatkan hari ini,”katanya.

Ketika ditanyakan terkait kendala yang membuat hasil panen padi kali ini mengalami penurunan, kata dia, hal itu dikarenakan sebelumya terjadi kekosongan pupuk sehingga mempengaruhi produksi padi itu sendiri.

“Namun setelah kemarin kita lakukan komunikasi dengan Dinas Pertanian, ketersediaan pupuk sudah tersedia di distributor ataupun pengenceran. Intinya selama ini walaupun ada kendala tapi bisa terselesaikan secara baik,” ungkapnya

Artikel Terkait

Dandim 1701/Jayapura Meninjau Perbaikan Rumah Program KSAD “Babinsa Masuk Dapur”

Jems

Program Babinsa Masuk Dapur, Kodim 1701/Jayapura Lakukan Perbaikan 4 Unit Rumah

Jems

Gelar Pertemuan Dengan Berbagai Tokoh, Dandim Richard Berharap “Kasih” Dijadikan Sebagai Gaya Hidup

Jems

Apresiasi Dandim 1701/Jayapura Kepada Pemenang Video Kreatif “Babinsa Masuk Dapur”

Jems

Dandim 1701/Jayapura Berikan Bantuan Kepada Panti Asuhan Pembawa Terang

Jems

Dandim Richard Apresiasi Pemenang Lomba Video Kreatif

Jems

Warga Kampung Suskun Antusias Ikuti Pengobatan Massal di Lokasi TMMD

Jems

Kodim 1701/Jayapura Berikan Penyuluhan Wawasan Kebangsaan Kepada Masyarakat Kampung Suskun

Jems

Salurkan BTPKLWN, Pangdam Cenderawasih: ini Adalah Bentuk Dukungan Pemerintah Kepada Pelaku Usaha Mikro

Jems