Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Tokoh Adat Naira Serahkan Aspirasi, Dandim: Akan Saya Teruskan Kepada Kepala Daerah dan Pimpinan

Ondoafi Kampung Naira Petrus Awatu melalui tokoh pemuda Naira saat menyerahkan Aspirasi kepada Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Hendry Widodo.

 

 

Kabupaten Jayapura – Tokoh Adat bersama tokoh agama dan pemuda Kampung Naira menyerahkan aspirasi masyarakat Naira kepada Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Hendry Widodo.

Aspirasi yang telah dituangkan dalam bentuk proposal itu, diserahkan Ondoafi Kampung Naira Petrus Awatu melalui tokoh pemuda Naira saat Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 di Kampung Naira, Distrik Airu, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/6/2024) siang.

Petrus Awatu mengatakan aspirasi tersebut berisi tentang keinginan dan harapan masyarakat Naira kepada Pemerintah dan TNI setelah melihat karya nyata pembangunan Gereja, Pastori, Pustu dan Bak Air Bersih di Kampung Naira melalui kegiatan TMMD.

“Dengan diserahkannya aspirasi ini, kami berharap bapak Dandim dapat membantu memfasilitasi aspirasi ini, sehingga keinginan dan harapan masyarakat Kampung Naira bisa dijawab oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura, Pemerintah pusat dan bapak Panglima,” harapnya.

Diketahui, dari beberapa point aspirasi yang diserahkan itu, salah satunya meminta agar pemerintah dan TNI dapat membangun Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Sekolah Menengah Atas.

“Karena Sumber Daya Manusia (SDM) kami sudah sangat tertinggal dari saudara – saudari kami di tempat lain. Karena itu, kami minta dibangunkan SD, SMP dan SMA sehingga SDM kami bisa seperti mereka,” ujar Petrus.

Selain itu, pihaknya juga meminta agar pemerintah bersama TNI dapat membangun akses jalan Kaureh – Airu serta rumah layak huni.

Sebab menurut dia, selama ini masyarakat sangat kesulitan saat membeli kebutuhan hidup di Kota Sentani maupun di Kota Jayapura dikarenakan akses jalan yang begitu jauh.

“Begitupun dengan rumah layak huni. Kenapa?, karena disini dalam satu rumah itu ada 5 sampai 6 kepala keluarga yang tinggal karena tidak memiliki rumah. Untuk itu, kami mohon bapak Dandim tolong teruskan apsirasi kami sehingga apa yang kami inginkan dan harapkan ini dapat terwujud,” pintanya.

Setelah menerima aspirasi masyarakat Kampung Naira, Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Hendry Widodo berjanji akan menindaklanjuti aspirasi tersebut.

“Tentunya setelah menerima aspirasi ini, kami akan lanjutkan ke kepala daerah dan pimpinan saya juga sehingga kedepan, daerah ini lebih baik kondisinya dari kondisi sekarang,” ujarnya.

“Jadi pelan – pelan. Mungkin tahun ini Gereja, pustu dan fasilitas air bersih yang kita bangun, mungkin tahun depan kita bisa fokus ke pembangunan sekolah dasar sehingga sumber daya masyarakat di kampung paling ujung di Kabupaten Jayapura ini tidak kalah hebatnya dengan masyarakat yang ada di Kota,” tambahnya.

Oleh karena itu, Dandim berpesan agar fasilitas yang sudah dibangun melalui kegiatan TMMD dapat dijaga dan dirawat dengan baik.

“Sehingga betul – betul dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Jadi bukan hanya saat ini tapi dalam jangka waktu yang cukup lama, untuk itu tolong dijaga dan dirawat,” harap Dandim.

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait

Ini Yang Disampaikan Kasrem172/PWY Saat Menutup TMMD Ke- 120 di Kampung Naira

Jems

Buka TMMD Ke- 120, Bupati Triwano Purnomo Apresiasi Kodim 1701/ Jayapura

Jems

Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit Kodim Jayapura Bersinergi Lakukan Karya Bakti

Jems

Aster Kasdam Cenderawasih Bersama Dandim Jayapura Tinjau Lokasi TMMD

Jems

Dua Minggu Berjalan Progres TMMD Ke 118 Kodim 1701/Jayapura Capai 53 Persen

Jems

Dandim Pimpin Acara Korps Raport Kenaikan Pangkat Prajurit Kodim Jayapura

Jems

Kabupaten Jayapura Terpilih Sebagai Tempat Pelaksanaan TMMD, Pj Bupati Jayapura Apresiasi TNI

Jems

Tutup Open Turnamen Kasad Cup 2023, Dandim: Yang Belum Menang, Jangan Berkecil Hati

Jems

Ini Harapan Dandim 1701/Jayapura Saat Membuka Lomba Tari Yospan

Jems